Lagu Indonesia Raya kembali berkumandang di negeri tetangga, Malaysia. Setidaknya hal itu berkat kerja keras tim mahasiswa Indonesia yang berhasil menjuarai, Shell Eco-marathon Asia 2019, yang digelar di Sepang, Malaysia pada 29 April – 2 Mei 2019.

Dalam kejuaraan tahunan tersebut, ITS Team 2 (Sapuangin) dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi juara pertama untuk kategori UrbanConcept dengan bahan bakar mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) dengan rekor jarak tempuh 395 km/liter. Demikian dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2019).

ITS Team Sapuangin, race number 501, from Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia, winners of the UrbanConcept – Gasoline category during day three of Shell Make the Future Live Malaysia 2019 at the Sepang International Circuit on Wednesday, May 1, 2019, south of Kuala Lumpur, Malaysia. (Edwin Koo/AP Images for Shell)

Sedangkan tiga tim mahasiswa Indonesia menempati juara kedua, seperti Garuda UNY ECO Team dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), kemudian ITS Team 5 dari ITS, dan Nogogeni ITS Team 1 dari ITS.

Selain itu, ada juga dua tim mahasiswa Indonesia lainnya yang berada di posisi ketiga, yaitu Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) dan Bumi Siliwangi 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dengan hasil yang cukup memuaskan berada di tiga besar, maka enam tim dari Indonesia untuk kategori UrbanConcept Shell Eco-marathon Asia, memiliki kualifikasi untuk mengikuti kompetisi ke kasta lebih atas yaitu Shell Eco-marathon Drivers World Championship Qualifier, 2 Mei 2019.

Tim-tim yang berhasil lolos di kompetisi Drivers World Championship Qualifier akan berkesempatan untuk mengikuti ajang Shell Eco-marathon Drivers World Championship bersama dengan tim dari Amerika dan Eropa, yang akan diadakan di London, Inggris pada 5 Juli 2019 mendatang.

Wah, mahasiswa Indonesia memang hebat-hebat ya. Walah mahasiswa sudah bisa merancang mobil dan irit pula. Kita doakan supaya bisa menang dan lebih baik lagi ya OLXer. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×