Tips and Tricks

Macam-Macam Efek Gitar dan Cara Pakainya

0 Komentar

Bagi sebagian orang, bermain gitar adalah merupakan kesenangan tersendiri. Tidak hanya sebagai hiburan, bahkan bermain gitar bisa juga dijadikan sebagai mata pencaharian. Bagi pecinta gitar tak jarang mereka menambahkan efek gitar agar mendapat sensasi serta suara berbeda saat memainkannya.

Harga efek gitar yang cukup menguras kantong menjadi alasan hanya gitaris-gitaris tertentu yang menggunakan efek pada permainannya. Efek gitar yang digunakan dapat menciptakan identitas dari sebuah lagu, membuat suara terdengar lebih besar, lebih bertenaga, lebih luas, dan sebagainya. Tapi sebenarnya alasan utama seorang gitaris menggunakan berbagai macam efek gitar adalah karena suara gitar biasa belumlah cukup.

Susunan rangkaian efek gitar pada umumnya  dimulai dengan efek dinamik dan tone, efek titi nada, dan diakhiri dengan efek waktu. Susunan sederhananya bisa berupa compressor/distortion, chorus, kemudian delay.

Berikut ini adalah beberapa jenis efek gitar yang perlu kamu ketahui jenis dan kegunaanya :

Efek dinamik

Efek dinamik digunakan untuk mempengaruhi volume gitar dalam jangka waktu tertentu. Efek ini mencakup efek kompresor, noise gate, envelope shaper, dan tremolo. Efek pada jenis ini umumnya diletakkan pada awal rantai efek. Seperti di video berikut:

Efek distorsi

Distorsi terdiri dari tiga jenis, yaitu overdrive, distorsi, dan fuzz.
Overdrive  atau soft clipping : suara dari ampli valve, pedal overdrive, dan berbagai efek tube emulator.
Distorsi atau hard clipping : suara yang lebih agresif, seperti yang ditemukan pada ampli transistor dan beberapa tipe stompbox.
Fuzz : distorsi yang kasar, semula dipopulerkan pada tahun 60-an. Seperti di video berikut:

EQ dan Efek Filter

Semua suara pada gitar mempunyai “tone” khas yang terdiri dari keseimbangan frekuensi tertentu, mulai bass sampai trebel. Efek EQ dan filter digunakan untuk mengubah frekuensi ini untuk membentuk ulang kualitas tonal suara gitar. Efek jenis EQ ini mencakup pedal graphic equaliser (equliser grafik), talkbox, dan wah-wah. Seperti di video berikut:

Efek Modulasi

Efek modulasi adalah efek yang mampu mengubah titi nada gitar. Modulasi bisa terdiri dari satu semiton atau lebih (efek pitch shifter, harmoniser). Ada juga yang memiliki cakupan lebih kecil dalam hitungan mikrotonal (efek chorus, flanger, doubling). Seperti di video berikut:

Efek waktu

Efek  waktu adalah efek yang bisa “memutar ulang” sinyal asli setelah berbunyi (secara khusus mengacu pada pedal delay dan reverb). Seperti di video berikut:

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×