Tips and Tricks

Lima Tips Menghemat Pemakaian Air di Rumah

0 Komentar

Tahukah kamu bahwa tanggal 22 Maret nanti akan diperingati sebagai Hari Air Sedunia? Penetapan yang dicetuskan Earth Summit 1992 tersebut merupakan gerakan untuk mengingatkan warga dunia terhadap pentingnya air dalam kehidupan.

Meski merupakan sumber energi terbarukan, keberadaan air bersih di kota-kota besar justru terus menyusut. Satu-satunya cara untuk menjaga pasokan air bersih yakni dengan menghematnya. Ada banyak cara untuk menghemat penggunaan air di rumah, mulai dari mematikan keran, membatasi waktu mandi, hingga memantau kebocoran pipa.

Lantas apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelestarian air bersih? Berikut tips jitu menghemat air di rumah.

1. Mematikan Keran

Air-matikan keran fin
Hal sepele namun acap kali membuat air terbuang sia-sia adalah sengaja atau lupa untuk mematikan keran. Jangan lupa untuk menutup keran kala kamu menggosok gigi atau membersihkan tangan dengan sabun. Keran bisa dibuka kembali saat kamu hendak membilas. Ingatkan seluruh anggota keluarga agar tak lupa menutup keran agar target penghematan air terwujud.

 

2. Kurangi Aktivitas Menyiram

Air-menyiram fin
Kegiatan lain yang mengonsumsi banyak air yakni, menyiram tanaman, mencuci mobil dan pakaian, serta membersihkan (flush) toilet. Jangan gunakan air secara berlebihan untuk ketiga hal tersebut. Misalnya, kamu tak perlu menyiram tanaman yang sudah terkena air hujan atau urungkan niat mencuci mobil jika body-nya masih terlihat bersih.

 

3. Batasi Waktu Mandi

Air-mandi fin
Mandi merupakan kegiatan yang dilakukan rutin minimal dua kali yang dilakukan semua orang. Banyak orang senang berlama-lama di kamar mandi. Namun, hal tersebut justru berpotensi menghabiskan lebih banyak volume air. Karena itu, selalu ingatkan diri sendiri untuk mandi secara efektif dan efisien. Jangan lupa untuk mematikan keran atau shower setelahnya.

 

4. Gunakan Pressure Washer

Air-pressure washer fin
Seperti diungkapkan sebelumnya, aktivitas mencuci kendaraan menyedot lebih banyak volume air dibandingkan kegiatan lain. Jika ingin berhemat, kamu bisa ganti selang biasa dengan mesin dan selang bertekanan (pressure washer). Meski harganya cukup mahal, mesin ini diyakini mampu menghemat hingga 80% penggunaan air. Tak ada salahnya membeli pressure washer. Anggap saja sebagai investasi.

 

5. Pantau Kebocoran Pipa

Air-bocor pipa fin
Distribusi air di rumah sangat bergantung pada pipa atau saluran air. Seiring bertambahnya usia rumah, bisa saja terjadi kebocoran yang tidak kamu sangka-sangka pada pipa atau saluran. Karena itu, jangan lupa untuk memeriksa pipa dan keran secara berkala. Segera perbaiki apabila kamu menemukan kebocoran pada saluran pipa air atau keran di rumah.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×