Tips and Tricks

Lima Tip Diet Ala Para Atlet, Mau Coba?

0 Komentar

Siapa sih yang nggak mau punya tubuh kayak para atlet? Dijamin deh, kita semua pasti mau. Tapi siapa sangka, kalau ternyata para atlet ini selain rutin berolahraga buat menjaga bentuk tubuh, mereka juga rutin melakukan diet, lho. Eits! Jangan salah ya, ini bukan diet yang seperti kalian pikir. Bukan diet yang nggak makan seharian gitu. Nih, kita intip cara diet para atlet.

 

Atlet-tinggi kalori ok

1. Mengkonsumsi makanan tinggi kalori

Setiap atlet mengkonsumsi jumlah kalori yang berbeda setiap harinya. Contohnya, atlet senam atau renang mengkonsumsi sekitar 2.000-2.500 kalori per hari. Tim sepak bola makan di atas 4.500 kalori, sedangkan atlet sepeda makan hingga 8.000 kalori per hari. Ini disebabkan oleh tingkat aktivitas mereka yang tinggi melebihi orang-orang pada umumnya. Mereka juga harus tepat dalam menghitung jumlah lemak sehat, protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan buah-buahan segar serta sayuran untuk keseimbangan dalam tubuh.

 

 

Atlet-tinggi protein ok

2. Banyak makan makanan yang berprotein tinggi 
Selain makan makanan yang tinggi kalori, para atlet juga memakan makanan yang berprotein tinggi. Protein ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sumber protein yang dipilih pun nggak sembarangan, lho. Mereka memilih dari sumber terbaik seperti ikan, produk olahan susu, telur, dan masih banyak lagi.

 

 

Atlet-cemilan sehat ok

3. Mengkonsumsi cemilan sehat
Kalau kamu mengira cemilan yang dimaksud adalah jajanan gorengan yang biasa kamu beli, kamu salah banget. Namanya juga atlet, cemilan pun tetap dijaga, dong. Cemilan yang sering dimakan para atlet di kala diet adalah cemilan yang sehat seperti almond, pisang, dan selai kacang.

 

 

Atlet-minum air ok

4. Minum air mineral secara rutin
Minum banyak air sangat dianjurkan untuk siapa pun, nggak terkecuali para atlet. Minum banyak air putih ini bertujuan untuk terhindar dari dehidarasi yang sering menyerang para atlet.

 

 

Atlet-karbohidrat OK

5. Memperoleh sumber energi dari karbohidrat
Bagi kalian yang lagi diet ketat pasti akan menghindari makanan yang kaya akan karbohidrat. Tapi hal ini nggak berlaku untuk para atlet. Mereka justru sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang kaya akan karbohidrat karena dari sini lah mereka mendapatkan sumber energi. Untuk kamu yang masih mau main aman, bisa memulai dengan havermut, kentang manis atau pisang.

Diet yang dilakukan para atlet ini memang sangat berbeda dari yang kita jalani. Ini disebabkan oleh aktivitas yang mereka jalani juga lebih berat dibandingkan kita. Jadi untuk kamu yang sedang melakukan diet, jangan asal, ya! Perhatikan juga semua komposisi yang tubuhmu butuhkan. Diet itu supaya badan kita jauh lebih sehat ya, guys. Bukan sekedar menurunkan angka di atas timbangan.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×