Seluruh mobil yang dipasarkan di Indonesia memang telah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar. Namun kebanyakan, fitur tersebut hanya disediakan untuk penumpang dewasa. Bagi keluarga yang kerapkali membawa buah hatinya bepergian pasti kebingungan untuk membawa perlengkapan keselamatan yang tepat. Terlebih jika si buah hati masih balita. Aktivitas yang tinggi serta rasa ingin tahu yang besar bisa meningkatkan risiko berkendara.

Lantas, perlengkapan apa yang harus tersedia di dalam mobil untuk meningkatkan faktor keamanan si kecil? Simak tips berikut:
1. Car Seat

800-CarSeat
Car seat merupakan aksesori paing utama yang harus disediakan orang tua untuk buah hati. Ini adalah perlengkapan tambahan untuk tempat duduk anak yang disesuaikan dengan kontur tubuh si kecil. Namun perlu diperhatikan, car seat disarankan untuk tidak dipasang pada kursi bagian depan, melainkan di belakang. Satu hal yang perlu diingat juga adalah, car seat bisa dipasang maksimal jika kursi mobil dilengkapi dengan isofix.
2. Isofix
Ini merupakan alat pengunci pada bagian kursi yang disesuaikan dengan bentuk tubuh anak. Tujuannya, agar posisi duduk si kecil terkunci pada bangku bagian belakang. Dengan alat ini, anak-anak tidak akan lepas dari kursi meskipun kondisi mobil bergoyang-goyang. Isofix jauh lebih aman untuk digunakan oleh anak-anak dibandingkan sabuk pengaman biasa yang memiliki tingkat kerenggangan lebih besar.
3. Child Safety Lock
Child Safety Lock adalah tuas kecil yang terletak pada bagian pintu. Alat ini berfungsi untuk menonaktifkan handel pintu bagian dalam, sehingga ketika fitur ini diaktifkan maka pintu hanya bisa dibuka dari dalam, meskiun kunci pintu sudah dibuka dari central lock. Satu-satunya cara untuk membuka adalah melalui handel bagian luar. Fitur ini menjadi salah satu andalan keluarga untuk mengamankan si kecil di kursi bagian belakang.
4. Jam Protection Window

800-AnakDiMobil
Fitur ini pada dasarnya ditujukan untuk mengurangi risiko tangan pengemudi atau penumpang di bagian sisi pintu terjepit. Tentu saja, alat ini sangat berguna bagi anak-anak yang acapkali memain-mainkan bagian pintu. Dengan fitur ini, jendela otomatis akan turun jika ada benda yang menghalanginya saat proses menutup.
5. Kantong Jok
Orang tua bisa menambahkan kantong jok khusus yang ditempatkan pada depan kursi si kecil. Kantong ini bisa digunakan sebagai tempat untuk menaruh mainan atau perlengkapan yang sering digunakan oleh si kecil. Tujuannya, memudahkan si kecil bermain dengan tetap duduk manis di kursi. Jangan lupa untuk menjauhkan benda berbahaya dan tidak boleh dimainkan oleh anak seperti kotak P3K, pengharum mobil, tempat sampah, peralatan darurat mobil, dan lainnya.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×