Tips and Tricks

Lima Kesalahan Fatal Saat Modifikasi Motor

0 Komentar

Modifikasi bukan hal yang aneh bagi para pecinta motor, khususnya jenis motor sport. Selain berbeda dengan motor pada umumnya, kegiatan “ngutak-ngatik” ini menjadi hobi yang menyenangkan.

Meski bisa dilakukan dengan bebas, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai modifikasi motor. Jangan sampai niat kamu berkreasi malah merugikan atau membahayakan diri sendiri dan pengendara lain di jalan.

Memang apa saja sih yang tak boleh kamu lakukan dalam melakukan hobi ini? Berikut lima kesalahan fatal saat mofikasi motor.

1. Ban Cacing
Banyak pemotor mengganti ban bawaan pabrik dengan produk berukuran lebih kecil atau ban cacing. Karena ukurannya lebih kecil otomatis membuat bobot motor kamu jadi lebih ringan. Hasilnya, tarikan motor lebih ‘greng’ dan asik diajak ngebut. Sayangnya, gak banyak orang tahu kalau ban cacing lebih gampang slip. Jika ini terjadi kemungkinannya cuma dua, kamu yang celaka atau orang lain yang celaka gara – gara kamu. Hati-hati guys!

2. Lampu Tembak
Kesalahan kedua yang sering dilakukan saat modifikasi adalah pemasangan lampu motor atau head lamp. Jangan ganti head lamp menggunakan lampu tembak dengan cahaya yang terlalu terang karena bisa menganggu pandangan pemotor lain di jalan. Hindari juga memodifikasi lampu rem belakang dengan warna selain merah karena akan membingungkan bikers lain. Sebelum ganti, ingat-ingat kalau aturan lampu itu dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.

3. Knalpot Bising
Kesalahan fatal saat modifikasi yang sangat menganggu orang lain di jalan adalah knalpot. Demi berasa seperti raja jalanan, beberapa bikers nekat mengganti knalpot pabrikan dengan jenis freeflow yang bikin bising. Padahal, dalam aturan dijelaskan ambang batas kebisingan sepeda motor untuk kubikasi mesin 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (dB). Makanya, jangan pakai knalpot bising kalau gak mau kena tilang dan dapat sumpah-serapah pengendara lain.

ModifMotor2

4. Stiker Asal
Cara paling gampang melakukan modifikasi yaitu mengganti cat atau stiker pada body motor. Penempelan stiker ini sebaiknya mengikuti jenis motor dan kepribadian kamu. Jangan sampai terlalu sederhana atau malah terlihat nge-jreng yang cenderung norak. Jangan nekat juga buat nempelin stiker Harley Davidson atau Ducati di tangki motor jadul milik kamu. Alih-alih ingin terlihat keren, malah bikin teman-teman mu ngakak nantinya.

5. Over Budget
Terakhir, siapkan perencanaan matang dan modal cukup sebelum kamu memulai modifikasi. Layaknya renovasi rumah, modifikasi motor juga membutuhkan dana yang tak sedikit. Karena itu, sesuaikan kondisi keuangan dengan hasrat kamu untuk “ngoprek” motor idaman. Jika budget sudah habis, kamu bisa berhenti modifikasi sampai pundi-pundi tabungan terisi lagi.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×