Baru-baru ini ada berita yang bikin kita sebagai warga Indonesia, khususnya warga Sumatera Barat bangga. Rendang makanan asli khas Sumatera Barat ini dinobatkan menjadi makanan paling enak sedunia, lho! Nggak nanggung-nanggung, CNN menobatkan rendang menjadi makanan paling enak nomor satu! Selain enak, makanan dari daging sapi ini menyimpan fakta-fakta menarik yang patut kamu ketahui. Yuk, kita simak fakta-fakta menarik lainnya mengenai si masakan paling enak satu ini.

 

Rendnag 2
1. Makanan Para Bangsawan
Sebelum kita bisa menikmati rendang di jaman sekarang, dulunya hidangan ini hanya dimakan oleh para bangsawan yang ada di Sumatera Barat. Dahulu memasak rendang hanya menggunakan kelapa tua untuk menghasilkan santan beraroma yang memilki cita rasa nikmat yang khas.
2. The Most Balanced Food tahun 2012
Sebelum dinobatkan menjadi makanan paling enak nomor satu versi CNN, rendang pernah dinobatkan sebagai makanan ‘The Most Balanced Food‘ dalam acara LA Travel & Adventure Show yakni sebuah pameran travel terbesar di Amerika yang diselenggarakan tanggal 14 – 15 Januari 2012 di Los Angeles, Amerika. Wah, memang bikin bangga!
3. Memiliki Filosofi Untuk Masyarakat Minang
Menurut warga minang, rendang memilki arti “musyawarah” yang terdiri dari 4 bahan pokok. Daging melambangkan para Niniak Mamak atau para pemimpin suku adat, kelapa melambangkan para candiak atau kaum intelektual, cabai melambangkan para alim ulama yang tegas pedas dan mengajak pada kebaikan, serta pemasak atau bumbu-bumbu yang melambangkan seluruh masyarakat Minang.
4. Masakan Bersejarah
Menurut Gusti Asnan sejarawan Universitas Andalas, rendang sudah ada sejak abad ke 16 meskipun catatan tentang rendang ini baru dimulai sejak abad ke 19. Masyarakat Minang pada saat itu, mengawetkan makanan melalui cara pengasapan dan pengeringan. Jangan salah, pengawetan ini melalui waktu yang sangat panjang, lho! Ini disebabkan karena masyarakat Minang yang suka berpergian hingga berbulan-bulan lamanya. Mereka membawa bekal karena sering kali nggak menemui perkampungan untuk istirahat. Dilihat dari proses pembuatannya, rendang dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga kuahnya mengering. Itu sebabnya, makanan ini disebut rendang atau “merandang” yang berati memasak santan kelapa sampai kering perlahan.
5. Ada Banyak Jenis Rendang
Seperti yang kita tahu, rendang terbuat dari daging sapi. Tapi ternyata, rendang nggak melulu menggunakan daging sapi. Ada banyak jenis rendang lainnya, seperti rendang lokan. Rendang ini berbahan dasar lokan, yaitu jenis kerang-kerangan. Lalu ada rendang maco yang mengganti daging sapi oleh ikan asin, serta ada rendang ayam atau itik. Selain itu, rendang daging sapi juga dapat diganti dengan bahan-bahan lainnya seperti telur, daging kambing, paru atau hati.

Itu dia 5 fakta rendang si enak dari Sumatera Barat. Mengingat makanan khas kita sudah diakui dunia yang berarti juga jadi identitas bangsa Indonesia, kita harus mengetahui seluk beluk hidangan spesial ini. Maka dari itu, kita sebagai warna negara Indonesia harus bisa melestarikannya, ya! Caranya, yuk kita ke warung padang makan rendang! Hehehe, ujung-ujungnya makan juga, ya.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×