Tips and Tricks

Lima Aplikasi Video Editor Agar Instagram Kamu Makin Dinamis

0 Komentar

Seiring dengan bertambahnya pengguna media sosial Instagram, fitur yang dimiliki aplikasi media sosial berbasis visual itu pun makin kaya. Terakhir, misalnya, Instagram sukses membawa fitur Stories-nya yang kini menjadi favorit pengguna aplikasi tersebut. Di Stories ini kamu bisa mengunggah foto atau video yang bertahan selama 24 jam.

Gara-gara fitur yang sebenarnya tak baru tersebut (sebelumnya, fitur serupa menjadi menu utama di Snapchat. Instagram “mengadaptasinya”), Instagram berhasil memecahkan rekor pengguna harian sebesar 150 juta, dilansir dari Tech Crunch.

Dengan semakin berwarnanya teknologi di aplikasi itu, berarti sekarang giliran kamu yang mestinya makin kreatif mengisi feeds Instagram dengan suguhan yang lebih dinamis. Tak lain dan tak bukan, video merupakan media “karya” kamu paling ideal di Instagram saat ini.

Untuk menyuguhkan video-video menarik, sudah tentu kamu mesti menggunakan senjata andalan berupa video-video editor yang beredar di App Store atau Play Store. Kami merekomendasikan beberapa video editor yang siap membuat feeds Instagram kamu terlihat semakin berwarna, nih.

Cinemagraph Pro

(Foto: Flixel.com)
(Foto: Flixel.com)

Pernah lihat foto yang “bergerak” hanya di bagian-bagian tertentu? Sekilas terlihat seperti video biasa yang kamu temukan di Tumblr atau blog-blog humor di luar sana, tetapi estetikanya ala fotografi 2 dimensi.

Cinemagraphy sebenarnya merupakan genre visual yang trending beberapa tahun terakhir. Beberapa developer pun mencari cara untuk merepresentasikan genre ini di mobile. Cinemagraph Pro, salah satunya.

Dengan Cinemagraph Pro, kamu dapat “menghidupkan” gambar dengan sangat presisi. Hasilnya terlihat magical, dinamis, dan sangat artsy. Aplikasi ini tersedia untuk iOS. Bagi kamu  yang menggunakan perangkat Android, kamu bisa mencoba berkreasi cinemagraphy dengan app PICOO Camera.

 

FilmoraGo

(Foto: Play.google.com)
(Foto: Play.google.com)

Untuk kebutuhan suntingan video yang basic tapi tetap penuh warna, kamu bisa memakai FilmoraGo. Tersedia di App Store dan Play Store, aplikasi ini punya interface yang sangat ramah pengguna. Selain berbagai kemudahan, aplikasi produksi Wondershare ini juga menyediakan themes yang bisa dikustomisasi sendiri oleh kamu sesuai preferensi.

Ada banyak elemen menarik untuk kamu bereksperimen visual di FilmoraGo. Uniknya transisi, filter, musik, efek, sampai teks intro yang meriah bisa diaplikasikan di video kamu. Selain versi gratis, elemen-elemen tersebut juga banyak yang bisa kamu beli untuk memperkaya karya visualmu.
Instagram Hyperlapse

(Foto: Vimeo.com)
(Foto: Vimeo.com)

Salah satu yang bikin feed kamu jadi pusat perhatian adalah dengan meletakkan karya video time lapse. Video jenis ini membutuhkan waktu yang tak sebentar untuk merekamnya demi mendapatkan hasil tontonan paling lama satu menit. Time lapse merupakan video dengan tampilan fast forward yang goal-nya menggambarkan proses terjadi/bergeraknya sesuatu. Konsep sederhana ini membuat time lapse video lumayan engaging di mata pengguna Instagram.

Instagram sendiri memiliki aplikasi yang dikhususkan untuk membuat jenis video seperti ini. Namanya Hyperlapse. Fitur “standar” app time lapse video seperti auto-stabilization sudah tersedia di sini. Kecepatan video pun bisa mencapai 12 kali dari normal. Sayangnya, saat ini Instagram Hyperlapse baru tersedia untuk iOS. Bagi kamu pengguna Android, bisa gunakan aplikasi alternatif dengan fitur dan kemampuan yang tak jauh berbeda buatan Microsoft, yang juga punya nama belakang “Hyperlapse”, Microsoft Hyperlapse.

 

Boomerang

(Foto: Play.google.com)
(Foto: Play.google.com)

Satu lagi rilisan Instagram yang akhirnya jadi tren di kalangan penggunanya: Boomerang.

Aplikasi ini punya konsep yang sangat sederhana: merekam video selama 1 detik, lalu saat diunggah dan berada di feed, video ini akan diputar secara looping. Boomerang juga hadir sebagai salah satu fitur di dalam Stories-nya Instagram. Namun sebagai standalone app, produk ini lebih dulu populer. Kamu bisa mendapat Boomerang di App Store maupun Play Store secara gratis.

 

Quik

(Foto: Gopro.com)
(Foto: Gopro.com)

Mirip dengan FilmoraGo, Quik juga merupakan aplikasi all-in-one video editor yang lumayan powerful. Banyak fitur yang bikin video kamu terlihat dinamis.

Mengingat app ini adalah rilisan GoPro, produk ini punya karakter serupa dengan induknya. Seru jika digunakan untuk merekam kegiatan outdoor, olahraga, atau yang melibatkan gerakan cepat. Tersedia berbagai pilihan teks intro, filter, transisi yang memukau, serta kemudahan mengakses foto dari akun GoPro Plus. Dapatkan Quik di App Store atau Play Store.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×