Trends

Kilas Balik Mobil Baru di 2016

0 Komentar

Tahun 2016 hampir berakhir. Sepanjang tahun ini, produsen otomotif agresif meluncurkan produk baru. Tercatat lebih dari 20 produk mobil baru diluncurkan di Indonesia.

Produsen memanfaatkan berbagai momen pameran, seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar pada April dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus lalu. Di sana diperkenalkan produk-produk baru mereka. Simak daftar mobil-mobil baru yang menarik perhatian pada tahun ini:

1. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

(Foto: hendra.wasistawan via Flickr)
(Foto: hendra.wasistawan via Flickr)

Mobil kembar yang masuk ke dalam segmen kendaraan murah hemat energi, alias low cost green car (LCGC) ini menyita perhatian publik. Selain harganya yang murah, kedua produk ini adalah LCGC pertama yang punya kapasitas 7 penumpang. Kehadiran Calya dan Sigra yang dibanderol Rp 120 – 150 jutaan langsung disambut dengan tingkat penjualan yang fantastis. Sampai November lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat Calya sudah laris 39.768 unit. Sedangkan Sigra laris sebanyak 26.289 unit. Dua produk ini mampu mengalahkan penjualan produk LCGC lain favorit konsumen, seperti Datsun Go+.

 

2. Toyota Sienta

kb-mobil-toyota-sienta-fin
Di kelas minibus atau Multi Purpose Vehicle (MPV), tidak banyak pendatang baru. Namun, Toyota membuat kejutan dengan menghadirkan MPV pintu geser yang bentuknya mirip dengan Honda Freed. Honda sendiri sudah tak memasarkan Freed sejak pertengahan tahun. Desain modern dan kepraktisan menjadi jualan utama Toyota Sienta.

 

3. Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

kb-mobil-toyota-fortuner-fin
Di segmen Sport Utility Vehicle (SUV), dua seteru abadi antara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport mendapat penyegaran desain dan fitur. Meski masih memakai mesin 2.400 cc, tapi tampilan SUV perkotaan yang semakin modern dengan tambahan fitur canggih ala sedan mewah membuat keduanya tetap disukai konsumen. Kedua merek pun meluncurkan jagoan mereka dalam waktu hampir bersamaan. Penjualan Fortuner dan Pajero tahun ini pun meningkat drastis dibandingkan tahun sebelumnya.

 

4. Honda BR-V

kb-mobil-honda-brv-fin
Meski sudah diperkenalkan kepada publik pertengahan 2015 lalu, tapi Honda baru memasarkan BR-V pada awal 2016. Sambutan konsumen sangat baik dengan pencapaian penjualan tertinggi di segmen SUV entry level. Gaikindo mencatat, sampai November tahun ini, mobil bermesin 1.500 cc dengan kapasitas 7 penumpang ini sudah laris lebih dari 35 ribu unit.

 

5. Suzuki SX4 S-Cross

kb-mobil-suzuki-fin
Mobil yang memiliki desain ala crossover menjadi salah satu bintang pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus lalu. Produk generasi terbaru dari crossover SX4 yang populer beberapa tahun lalu ini dibekali sejumlah teknologi baru, seperti cruise control yang menambah kenyamanan dan kemudahan berkendara. Suzuki juga mengklaim SX4 S-Cross lebih tangguh melahap jalanan jelek karena ground clearance –nya yang tinggi.

 

6. Mobil mewah dan sport

kb-mobil-mercedes-fin
Produsen mobil mewah dan sport tak mau kalah dengan merek-merek konsumer. Mercedes-Benz misalnya yang agresif meluncurkan tiga SUV: GLC, GLE, dan GLS. Begitu juga dengan BMW yang menghadirkan sedan flagship All New 730Li, SUV All New X1, dan M2 Coupe. Merek Mini Cooper menghadirkan Cooper S Cabrio yang tampil lebih funky dengan atap yang bisa dibuka tutup. Merek asal Jerman lainnya, Porsche menghadirkan tiga mobil baru untuk pencinta mobil sport, yakni 911 Carrera, 718 Boxter, dan produk flagship Panamera.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×