Seringnya peluncuran produk baru yang dilaukan oleh merek kendaraan membuatmu bingung. Tak jarang, sebagian besar pemilik langsung menjual mobil lama setelah merasa terpikat dengan model baru, meskipun mobil yang lama baru berumur beberapa tahun. Bahkan, ada juga yang memanfaatkan promo tukar tambah yang diprogramkan oleh diler. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tukar tambah mobil? Berikut tips yang bisa dijadikan referensi.

1. Bawa Mekanik
Apabila kamu menukar mobil bekas dengan mobil baru dari diler, dipastikan kondisi mesin masih sangat prima. Namun jika kamu menukar dengan mobil bekas, tentu harus jeli. Bawa mekanik untuk mengecek kondisi mobil, terutama pada bagian mesin. Sebab seringkali mobil bekas hanya mulus pada bagian luar atau eksterior dan interior, namun sedikit mengecewakan dari sisi mesin. Untuk menghindari kekecewaan, lakukanlah pemeriksaan secara teliti.

800-MobilBekas3

2. Cek Harga
Kamu pasti menginginkan harga yang tinggi untuk mobil bekasmu, dan berharap harga murah untuk mobil yang akan dibeli. Strategi tersebut juga dilakukan oleh showroom. Mereka biasanya ingin membeli dengan murah dan menjual mobilnya dengan harga yang tinggi. Namun jangan senang dulu jika showroom menghargai mobilmu sedikit tinggi. Karena bisa jadi mereka juga menaikkan harga mobil yang akan dibeli. Maka, mengecek harga pasar akan sangat membantu.

3. Sesuai Kebutuhan
Untuk pemanfaatan yang maksimal, pastikan mobil yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, saat kamu masih lajang, mobil idamanmu adalah model city car atau hatchback. Setelah berkeluarga, tentu kebutuhan berkendara akan berubah. Carilah mobil dengan daya tampung yang lebih leluasa, yakni segmen low multipurpose vehicle (LMPV). Jangan lupa, baca spesifikasi serta kekurangan dan kelebihan mobil yang akan dibeli itu. Pastikan memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan mobilmu yang lama.

4. Lakukan Test Drive
Model dan tampilan bagus tidak menjamin kamu merasa nyaman mengendarai sebuah mobil. Sebelum menentukan pilihan kendaraan baru yang akan dibeli, lakukan test drive terlebih dahulu. Jika tidak ada waktu untuk datang ke diler, maka coba pinjam mobil teman atau saudara yang setipe dengan mobil incaran untuk melakukan test drive. Tujuannya, agar kamu mampu beradaptasi dan tidak menyesal dengan kendaraan baru yang dibeli. Sebab tidak jarang konsumen yang menyesal dan menganggap mobil lamanya lebih nyaman dibandingkan mobil baru karena tidak melakukan test drive.

800-MobilBekas2

5. Selektif
Tips yang terakhir adalah: harus selektif dalam memilih showroom. Pastikan showroom yang akan kamu datangi merupakan perusahaan besar dan memiliki jaringan luas. Jangan lupa, lihat juga kualitas mekanik, pelayanan, serta garansi yang diberikan. Selain selektif dalam memilih showroom, kamu juga harus selektif dalam menentukan merek mobil yang akan dibeli. Pastikan merek tersebut memiliki jaringan layanan purnajual yang luas, serta menyajikan suku cadang dengan harga sesuai kantong.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×