OLXer tau nggak, ternyata merek mobil Wuling Motors baru merilis Confero S ACT di Indonesia. Ya, varian ini baru diluncurkan, dan memiliki beberapa perbedaan dari line up yang lainnya.

Nah, perbedaan paling mencolok ini lantaran ada nama ACT dibelakangnya, yang diketahui  merupakan kepanjangan dari Automatich Clutch Transmission atau sudah menggunakan sistem transmisi e-Clutch

Teknologi ini memang digunakan ketika melakukan perpindahan gigi yang menerapkan enam percepatan. Tapi uniknya,  Confero S ACT bukan mobil dengann transmisi matik atau manual pada umunya. Bahkan penggunaan teknologi dari Jerman, ini memang jarang dibenamkan pada mobil.

Sebaliknya, ACT ini cara kerjanya mirip seperti motor bebek. Dimana ketika melakukan perpindahan gigi, pengemudi tak perlu menginjak pedal kopling, karena memang nggak ada. Alhasil, pedal di kaki pengemudi cukup menginjak gas dan rem saja.

Memang cukup unik untuk sebuah mobil. Tentu saja, hal ini bisa saja menjadikan konsumen mempunyai pilihan lain, karena dipasaran hanya dikenal transmisi manual, otomatis, atau Continuously Variable Transmission (CVT).

Lantas apa pertimbangan Wuling Motors Indonesia mendatangkan Conferos S ACT?

Menurut Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, hal ini karena latar belakang Confero yang masuk di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), di mana kelas ini masih banyak dijejali mobil bertransmisi manual.

“Kami mau kasih transmisi manual, tetapi something new. Sensasi manual tapi ya rasa otomatis,” ucap Dian saat ditemui di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (23/4/2019).

Saat ditanya mengapa Wuling Motors tak langsung hadirkan transmisi matik untuk Confero, Dian mengatakan, untuk saat ini Wuling Indonesia belum ada pengembangan transmisi termasuk mesin.

“Jadi semua masih dari headquarter (Wuling di China). Karena belum ada plan R&D di sini. Di China sudah disematkan seperti itu,” ucapnya.

Selain itu, kata Dian, yang paling penting adalah tingginya permintaan low MPV dengan pasar transmisi manual sangat tinggi, membuat Wuling ingin mencicipi berjaya industri di Indonesia.  

Dian sendiri menampik enggan mengamini kemunculan Wuling Confero S ACT bisa menjadi boomerang, karena jarangnya pabrikan yang membuat hal tersebut di Indonesia.

Sebaliknya, jika OLXer atau konsumen ingin jauh lebih tau soal teknologi yang diterapkan pada Wuling Confero S ACT, ada baiknya untuk mencobanya langsung.

“Kami confident dengan e-clutch yang kami bawa, karena menawarkan kemudahan, dan efektif perawatannya. Sekali lagi, driving is believing. Kalau misalnya nanya ini kayak gimana, maka kami undang untuk mencoba. Sensasi berkendara yang baru karena memang ini benar-benar beda,” terangnya. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×