Punya mobil sendiri sudah pasti bikin OLXer bangga, murah atau mahal, dari baru atau beli bekas bukan jadi persoalan, yang penting bisa punya mobil sendiri, setuju nggak?

Tapi kebanggaan OLXer nggak cuma sebatas sampai memiliki doang. Bisa merawat atau menjadikan tampilannya jadi keren itu juga bisa menjadi kepuasan tersendiri loh….

Nah, untuk menuju kepuasan tersebut, ada berbagai cara yang bisa OLXer lakukan. Salah satunya mengubah tampilan interior jadi indah dan nyaman.  

Yang paling mencolok dan paling kelihatan bikin interior mobil ganteng itu disaat OLXer melakukan penggantian pelapis jok. Banyak sekali yang bisa kalian lakukan untuk mewujudkan ide-ide liar di kepala kalau sudah mutusin modifikasi di sektor jok mobil.

Tapi harus diingat, jangan asal pilih bahan atau pilih warna untuk urusan satu ini. Bukannya jadi keren malah dilihat norak sama orang lain. Belum lagi soal kenyamanannya yang ternyata nggak sesuai harapan.

Biar gak salah arah nih OLXer, mungkin bisa baca-baca referensi di bawah ini, soal bagaimana memilih bahan dan cara mudah dalam perawatan jok mobil.

Memilih Bahan Jok

Sebelum menentukan bahan pelapis jok, penting untuk diketahui dulu jenisnya. Jenis pelapis jok itu terdiri dari dua, yaitu jok mobil kulit dan sintetis. Harga bahan kulit asli pastinya lebih mahal dibanding bahan sintetis.

Kalau ngebahas soal kelebihan dan kekurangan jok mobil kulit dan sintetis, yang pasti biaya perawatan jok kulit lebih mahal dibanding yang sintetis.

Tapi kelebihannya ada pada kualitas bahan. Jok kulit asli yang pasti terasa lembut, nyaman, adem, anti gores, dan tentunya terlihat istimewa. 

Sementara yang bahan sintetis harganya sudah pasti lebih murah. Tapi bukan berarti nggak nyaman loh. Sekarang sudah banyak bahan jok sintetis dengan kualitas menyerupai bahan kulit asli.

Kelebihan lain dari jok ini adalah soal perawatan yang lebih mudah dan murah. Selain tentunya pilihan warna beragam yang bisa dipilih sesuai tema dan konsep yang OLXer inginkan.

Pastikan dalam memilih bahan jok mobil OLXer bisa bijak, baik dari soal bahan maupun warnanya ya….

Membersihkan Jok Mobil Kulit dan Sintetis

Kalau sudah mengganti jok mobil kalian, sekarang tinggal bahas soal perawatannya. Ada berbagai tips membersihkan jok mobil kulit dan sintetis sebenarnya. Tapi kita coba bahas yang paling sederhana aja.

Pada dasarnya bahan jok mobil, kulit asli ataupun sintetis boleh disebut merupakan bahan yang free maintenance.

Seperti yang dijelaskan oleh Dana Iswanto, Brand Manager MBtech. “Semua bahan MBtech free maintenance, tapi tetap perlu untuk dibersihkan,” terangnya. 

Untuk membersihkan kulit sintetis sangat disarankan untuk tidak menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol. Ini agar warna kulit jok nggak cepat pudar atau kusam. 

“Cukup menggunakan air sabun kemudian dilap pakai kanebo, kotoran biasanya sudah langsung hilang. Kalau kotoran yang nempel rada-rada bandel, baru coba pakai minyak kayu putih,” ujarnya. 

Nah, kalau yang jok kulit asli, musuh paling utamanya adalah jamur. Kondisi lembab jadi pemicu mudahnya tumbuh jamur pada jok mobil dan interior, termasuk pada jok kulit. Kalau sudah seperti ini, tentu produk khusus untuk membersihkan jok dan interior sangat dibutuhkan.

Untuk memastikan interior aman dari jamur, coba rutin untuk menyemprotkan cairan anti jamur di seluruh permukaan jok. Ambil sikat gigi yang punya kontur bulu (sikat) agak halus, kemudian disikat pelan-pelan. Setelah itu baru ambil kain microfiber untuk menyekanya.

Mudah bukan? Silahkan mencoba! (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×