News from OLX

Jangan Asal Pakai Lampu Hazard Saat Hujan, Ini Alasannya

0 Komentar

Pemilik mobil kerap kali tidak mengetahui seluk beluk jeroan dari kendaraan yang digunakan. Salah satunya prihal lampu hazard.

Lampu hazard sendiri sudah pasti ada setiap mobil. Lampu ini akan menyala tepat di dalam cangkang sein kiri dan kanan. Akan tetapi yang jadi pembeda, lampu hazard nyala atau berkedip di waktu yang bersamaan.

Adapun keberadaan lampu hazard pada setiap mobil memiliki manfaat yang besar. Sebab, lampu ini dipakai ketika keadaan darurat atau sinyal bahwa mobil sedang masalah.

Hanya saja, seperti dilansir situs Nissan, lampu hazard  justru kerap disalagunakan oleh beberapa pengendara. Salah satunya ialah penggunaan lampu hazard saat hujan deras atau kondisi jalanan yang berkabut.

Tombol lampu hazard biasanya ada di dasbor mobil dengan bentuk segitiga dan warna merah. (Autance)

Jika ditelaah, ternyata menyalakan lampu hazard di saat kondisi hujan atau berkabut tidak dibenarkan. Penggunaan tersebut justru salah bahkan bisa amat berbahaya.

Sebaliknya, penggunana lampu hazard saat hujan maupun berkabut justru dapat membingungkan pengendara lain. Hal ini dikarenakan fungsi lampu sein menjadi hilang, sehingga saat ketika ingin berpindah haluan kanan atau kiri, pengendara lain akan sulit mendeteksi.

Karena hal tersebut tak jarang menjadi pemicu kecelakaan di jalan raya. Lantas apa yang harus dilakukan?

Saat kondisi hujan atau berkabut, OLXer cukup menyalakan lampu kabut (fog lamp) atau lampu utama saja sehingga penerangan akan membantu pengelihatan serta menjadi peringatan bagi pengendara lain.

Selain itu, untuk mobil-mobil saat ini, keberadaan fitur LED Signature Lamp juga sangat membantu ketika kondisi tersebut.

Fungsi lampu hazard

Sementara itu, lampu hazard sendiri memiliki fungsi tersendiri, diantaranya:

Pertama, digunakan saat kendaraan mengalami masalah di jalan dan harus menepi. Lampu hazard yang menyala akan memberi peringatan bagi pengendara di belakang.

Kedua, memberi peringatan kendaraan di belakang jika ada kecelakaan atau harus berhenti secara tiba-tiba. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×