Tips and Tricks

Ini Dia Tips dan Trik Irit Bensin Pada Mobil

0 Komentar

Siapa sih yang nggak suka punya mobil? Walaupun banyak orang bilang memiliki mobil itu boros dan menambah kemacetan, kenyatannya mobil pribadi masih jadi salah satu alat transportasi paling nyaman di tengah ketidakpastian angkutan umum. Tapi, biaya perawatan mobil juga bukan sedikit, lho. Dalam sebulan, kamu harus mengeluarkan uang untuk mencuci, merawat body, hingga ke bengkel.

Nah tahukah kamu, salah satu biaya yang bisa ditekan saat memiliki mobil adalah biaya membeli bensin. Konsumsi bensin pada mobil ternyata nggak melulu dipengaruhi kapasitas mesin, lho. Beberapa hal juga turut serta dalam jumlah konsumsi bensin. Nah buat kamu yang pengin tahu beberapa trik untuk mengirit bensin mobil, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

Rawat mobil-bensin

Pakai Bensin Kualitas Tinggi
Usahakan jangan menggunakan bensin dengan kualitas paling rendah. Walaupun harganya murah, tapi kualitas dan jumlah oktan rendah kadang bisa bikin mesin justru mengkonsumsi lebih banyak bensin. Pastikan lagi bensin yang selama ini kamu beli sudah cocok dengan kapasitas mesin kamu, ya!

Rajin Servis Rutin Mobil Kamu
Entah karena kesibukan kita atau karena kemalasan, sering banget kita melupakan jadwal servis rutin mobil sendiri. Ternyata, hal ini bisa bikin mobil makin boros, lho. Apalagi jika kamu terlalu lama menunda-nunda. Kotoran di mesin bisa semakin menumpuk dan membuat mobil jadi makin boros.

Pastikan kamu selalu menyempatkan diri untuk servis mobil kamu ya. Selain supaya konsumsi bensin nggak terlalu boros, hal ini juga penting agar mobil kamu senantiasa terjaga performanya.

Hindari Kemacetan
Tahukah kamu kemacetan ternyata berbanding lurus dengan tingkat konsumsi bensin mobil, lho. Semakin sering kamu terjebak macet, ya semakin boros juga mobil kamu. Ada baiknya kamu mulai mencari rute-rute baru untuk menghindari kemacetan. Selain bisa menghemat waktu di perjalanan, kamu juga bisa menghemat biaya membeli bensin.

Ubah Cara Menyetir Kamu
Salah satu faktor utama dari konsumsi bensin mobil adalah cara menyetir pengendaranya. Pengendara mobil di kota besar biasanya cenderung buruk dalam menyetir. Selain suka mengebut, mereka juga sering menginjak gas terlalu dalam demi bisa segera sampai di tujuan.

Cobalah untuk mulai mengubah cara berkendara kamu. Hindari ngebut-ngebut di jalan. Jangan terlalu sering menarik gas sampai membuat mobil menggerung. Usahakan untuk selalu stabil dalam berkendara.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×