News from OLX

Ini Alasan Harga Mobil Sedan Sangat Mahal

0 Komentar

Buat sebagian orang, melihat mobil jenis sedan kerap kali menggoda bahkan membuat ngiler. Tak hanya secara tampilan, saat berada dan duduk di kabin jenis sedan maka Anda akan merasa cukup enak, serta nyaman.

Untuk soal perfoma, mobil jenis sedan juga cukup mumpuni, terkadang jeroan mesin yang dipakai mampu memberikan tenaga dan torsi yahud, serta akselerasi lebih responsif.

Namun sayang, harga mobil sedan ternyata cukup menguras kantong atau bisa disebut cukup mahal dibandingkan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), atau hatchback citycar.

Nah, usut punya usut nih OLXer, mahalnya harga sedan dikarenakan ada beberapa regulasi atau aturan yang diterapkan di Tanah Air. Salah satunya soal pajak. Hal ini dibenarkan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto.

Tampang makin kekinian, Camry baru disebut tidak hanya jadi selera bapak-bapak, kaum muda pun menyukainya

“Lihat di daftar PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) sedan itu yang paling kecil saja dikenakan 30 persen, MPV hanya 10 persen,” kata Jongkie, Rabu (9/1/2019).

Jika melihat dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 33/PMK.010/2017, sedan mendapat perlakuan berbeda, dimana untuk sedan atau station wagon tarif pajaknya antara 30-125 persen.

Sementara kendaraan penumpang dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc hingga 2.500 cc bisa menikmati PPnBM 10 persen-20 persen.

Menurut Jongkie, digolongkannya sedan dalam barang mewah, bukan satu atau lima tahun belakangan ini, tapi sudah terjadi lebih dari 20 tahun lalu.

“Memang sedan saat itu tidak menjadi prioritas ke Indonesia. Karena dulu itu industri otomotif kita diarahkan kendaraan niaga. Makanya dulu ada istilah KBNS (Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana),” jelasnya.

Ya, awal mula melesatnya model mobil MPV, tak lain berkat kemunculan Toyota Kijang. Saat itu, sosok Toyota Kijang tidak seperti saat ini, namun lebih cocok dengan program KBNS. Bahkan nenek buyut Toyota Kijang sendiri merupakan sebuah mobil bak atau pikak.

Karena itu, saat ini Toyota Kijang sendiri telah bertransformasi, dengan beragam ubahan, kini mobil keluarga tersebut sudah memiliki enam generasi.

Nah, balik lagi soal pajak sedan, kabarnya para petinggi merek mobil di Indonesia yang tergabung dalam Gaikindo masih menunggu setelah mereka mengajukan kepada pemerintah untuk menurunkan pajak sedan.

Jongkie bilang, hal itu diusulkan untuk harmonisasi tarif pajak otomotif. Dengan begitu, kendaraan yang ada dipasar otomotif nasional tidak hanya MPV, SUV atau hachtback. (Her/Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×