Geopark atau taman dunia, kini jadi konsep wisata baru yang tengah dikembangkan oleh pemerintah. Di Indonesia sendiri, ada beberapa geopark yang statusnya mulai dari nasional hingga sudah diakui sebagai geopark dunia. Wah, semakin bangga deh sama negara kita ini! Rugi dong, kalau kita sendiri nggak merasakan keindahan setiap geopark yang ada. Maka dari itu, siapkan perlengkapan liburan kamu dan catat empat geopark berikut yang wajib dikunjungi:

Geopark Merangin

(Foto: Explorejambi.com)
(Foto: Explorejambi.com)

Terletak di Kabupaten Merangin, Jambi, geopark satu ini punya fosil flora yang usianya 290 juta tahun yang dihasilkan dari endapan lava dan abu vulkanik letusan gunung purba di masa lalu. Untuk mencapai lokasi geopark Merangin, kamu perlu menempuh perjalanan darat selama 7 jam. Belum berhenti di situ, kamu juga harus melakukan trekking selama 3 jam sampai akhirnya tiba di geopark Merangin. Tapi jerih payah kamu nggak bakal sia- sia. Begitu tiba, kamu bisa melepas penat dengan melakukan arung jeram di Sungai Batang Merangin.

 

Geopark Kaldera Toba

(Foto: Kalderatobageopark.blogspot.co.id)
(Foto: Kalderatobageopark.blogspot.co.id)

Kamu pasti sudah tahu Danau Toba, dong? Nah, wisata terkenal di Sumatera Utara ini telah menjadi geopark nasional dengan nama Geopark Kaldera Toba. Mengusung tema “Supervolcano”, geopark ini ternyata menyuguhkan keunikan kaldera volkano-tektonik kuarter terbesar di dunia. Jalan-jalan ke sini, bukan cuma pemandangan alam yang akan disajikan untuk matamu, tetapi juga warisan budaya yang masih kuat bisa kamu rasakan.

 

Geopark Gunung Sewu

(Foto: Harianjogja.com)
(Foto: Harianjogja.com)

Geopark yang telah diakui oleh UNESCO ini membentang dari Gunugkidul, Wonogiri hingga Pacitan. Nggak perlu bingung mau wisata jenis apa di sini, karena semuanya ada. Mulai dari gunung api, gua, pantai, sungai, danau sampai air terjun, semua dapat kamu jelajahi. Nggak cuma objek wisatanya aja yang populer, tetapi juga wisata budayanya. Kamu bisa mengagumi kesenian tradisional serta kuliner khas daerah setempat. Wah, kayaknya dua malam pun nggak bakal cukup untuk jelajahi seisi Geopark Gunung Sewu.

 

Geopark Batur

(Foto: Globalgeopark.org)
(Foto: Globalgeopark.org)

Satu lagi taman bumi nasional yang diakui sebagai geopark dunia, yakni Geopark Batur. Selagi melancong ke pantai-pantai di Bali, nggak ada salahnya kunjungi geopark ini untuk merasakan Bali dari sisi yang berbeda. Selain gunung Batur dengan kalderanya yang indah, kamu juga bisa melihat danau Batur yang berbentuk bulan sabit. Dari sisi budaya, masyarakat sekitar menyajikan adat istiadat unik seperti pemakaman di desa Trunyan. Masih belum puas? Tenang, di sekitar Geopark Batur juga ada beberapa macam pura yang bisa dikunjungi seperti, Pura Pancering Jagad, Pura Bukit Mentik, Pura Batur, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk kunjungi salah satu geopark di atas? Atau malah pengin coba semuanya? Yuk, siapkan itinerary dan perlengkapan liburan!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×