Selasa, 9 Mei lalu IESE 2017 resmi dibuka oleh Aulia E. Marinto Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (iDEA) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD. Pada sambutannya Aulia menjelaskan bagaimana seksinya Asia Tenggara terutama Indonesia di mata dunia. “Indonesia adalah energi digital terbaru di dunia. Ke depan, tantangan yang dihadapi akan semakin besar dan berat. Kami harus siap menghadapi ini untuk bisa bersaing di level internasional,” ujarnya di pembukaan di acara yang diikuti oleh 200 peserta pameran itu.

Aulia E. Marinto Ketua Umum iDEA membuka acara IESE
Aulia E. Marinto Ketua Umum iDEA membuka acara IESE 2017

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang turut hadir pada hari itu juga mengungkapkan hal senada. Bahwa kegiatan perdagangan digital merupakan kekuatan ekonomi baru yang menempatkan Indonesia sebagai yang terdepan di kawasan regional. “Pemerintah sedang fokus bagaimana meratakan pembangunan ekonomi di Indonesia,” ungkapnya. Ia lalu menjelaskan bagaimana e-commerce di Indonesia telah berkontribusi terhadap tiga hal utama. Yakni, ekonomi berbagi, pengentasan UMKM, dan inklusi keuangan.

Menkominfo Rudiantara juga hadir di pembukaan IESE 2017
Menkominfo Rudiantara juga hadir di pembukaan IESE 2017

 

Booth OLX di IESE 2017 tidak pernah sepi dari pengunjung
Booth OLX di IESE 2017 tidak pernah sepi dari pengunjung

Kegiatan konferensi yang diadakan selama tiga hari itu ramai oleh para penggiat e-commerce yang haus pengetahuan tentang industri perniagaan elektronik. Ada sekitar 27 konferensi dan hampir 50 workshop yang mengenai e-commerce yang gelar selama tiga hari penyelenggaraan IESE. Salah satu workshop yang mengundang banyak minat pengunjung adalah sesi Ask Me Anything: About E-Commerce dengan CEO OLX Daniel Tumiwa  sebagai pembicaranya.

Daniel Tumiwa CEO OLX menjawab segala pertanyaan mengenai e-commerce di IESE 2017
Daniel Tumiwa CEO OLX menjawab segala pertanyaan mengenai e-commerce di IESE 2017

Di workshop yang diselenggarakan pada hari Kamis, 11 Mei lalu itu Daniel Tumiwa melayani berbagai pertanyaan seputar perniagaan elektronik. Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain…

Benarkah e-commerce mengamcam offline retail?

Daniel Tumiwa: Offline retail masih punya peminatnya sendiri. Namun saat ini offline retail mau nggak mau harus punya barang lengkap agar sekali orang datang, semuanya selesai. Kelebihan online retail adalah terbangunnya community center di situ.

Apa tips membangun start up? Bagaimana menghadapi kompetitor yang gila-gilaan melakukan promosi atau diskon meskipun mereka merugi?

Daniel Tumiwa: Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh start up adalah tidak memberikan porsi 100 % kepada founder untuk mencari funding. Harus ada satu founder yang khusus mencari funding tanpa harus memikirkan masalah lain, entah itu operasional, recruitment, dan lain-lain. Indonesia adalah tempat yang pas untuk crowd funding. Keinginan untuk maju itu udah ada di DNA kita. Itu yang membedakan Indonesia dengan negara Asia Tenggara lainnya.

Kenapa persaingan e-commerce di Indonesia tidak kondusif untuk start up?

Daniel Tumiwa: Sebenarnya yang patut ditanyakan pula adalah kenapa start up bisa lahir padahal udah tahu kalau medan perangnya begitu? Itulah mengapa start up harus punya ide yang bagus agar investor mau funding.

Bagaimana cara agar barang atau produk Indonesia bisa jadi tuan rumah di negerinya sendiri?

Daniel Tumiwa: Banyak produk Indonesia yang bagus-bagus, namun kurang konsisten dalam produksinya. Ia juga harus punya packaging yang menarik. Dalam hal ini Thailand bisa jadi contoh. Produk-produk Thailand punya packaging yang menarik dan akhirnya bisa menembus pasar internasional.

Daniel Tumiwa CEO OLX Indonesia melayani beramah-tamah dengan peserta workshop selepas acara tanya jawab
Daniel Tumiwa CEO OLX Indonesia melayani beramah-tamah dengan peserta workshop selepas acara tanya jawab

IESE memang tempat yang tepat untuk belajar dan mendalami banyak sisi dari e-commerce. Sampai jumpa di IESE tahun depan!

 

 

 

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×