Tips and Tricks

Hal Sepele yang Membahayakan Pengendara Motor di Musim Hujan

0 Komentar

Mendekati akhir tahun, maka datanglah musim hujan. Musim ini memang punya cuaca yang relatif lebih sejuk dan nggak panas. Buat kamu pemotor, bakal lebih enjoy dalam menembus kemacetan.

Tapi jangan salah, musim hujan juga bisa jadi musuh untuk pemotor, apalagi kalau kamu kurang persiapan. Kondisi cuaca di musim hujan sangat mudah berganti-ganti, sehingga kamu harus selalu siap sedia.

Biar nggak kesulitan saat mengendarai motor pas hujan, berikut kami berikan tips-tips buat kamu rider sejati:

 

Hujan-ponco bener ok

Hindari Jas Hujan Ponco
Jangan pernah berpikir untuk menggunakan jas hujan ponco saat kamu berkendara dengan motor. Memang sih, jas hujan ponco tergolong lebih praktis untuk digunakan. Tapi jas hujan ini menyimpan banyak ancaman bahaya. Salah-salah, jas hujan kamu bisa masuk ke roda dan bikin kecelakaan. Belum lagi, jas hujan ponco biasanya menutupi pandangan motor lain di belakang kamu.

Coba investasikan uang kamu untuk membeli jas hujan two pieces. Selain lebih aman, jas hujan ini juga mampu melindungi tubuh kamu lebih baik, lho. Jangan sampai kehujanan bikin baju kamu basah semua dan merusak hari kamu.

 

Hujan-sendal ok

Jangan Gunakan Sendal
Masalah utama pemotor di saat musim hujan adalah penggunaan sepatu. Apalagi, kalau kamu anaknya sneakerhead banget. Nggak mau dong sepatu yang udah kamu beli mahal-mahal kebasahan dan jadi kotor di jalan?

Biasanya, solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan sendal jepit saat berkendara di tengah hujan. Hal ini sebaiknya dihindari, karena sendal jepit mudah terlepas dari kaki kamu. Selain itu, sendal jepit juga cenderung licin sehingga sulit untuk digunakan berkendara di saat hujan. Mendingan, kamu beli sepatu boots yang memang khusus digunakan saat hujan saja. Selain lebih aman dan nyaman, sepatu jenis boots juga bisa melindungi celana kamu dari bahaya cipratan kotoran jalanan, lho.

 

Hujan-banjir ok

Jangan Menerobos Banjir
Tips terakhir yang lumayan sering dilupakan pengendara motor adalah jangan menerobos banjir. Yang namanya berkendara saat hujan, biasanya cenderung terburu-buru dan ingin cepat sampai tujuan. Jika terhalang dengan banjir, sebisa mungkin jangan paksakan motor kamu untuk menerobos, ya.

Beberapa kemungkinan terburuk bisa terjadi jika kamu menerobos banjir. Pertama, motor kamu mungkin langsung mogok karena nggak kuat diterjang banjir. Males kan harus menunggu setengah jam untuk menyalakan motor kamu lagi? Selain itu, hal-hal lainnya juga bisa terjadi kalau kamu nekat menerobos banjir, lho. Seperti, tersengat listrik dari kabel yang putus, hingga terseret arus banjir. Mendingan bersabar dan coba cari rute lain. Jangan paksakan diri kamu, ya!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×