Masuk seminggu puasa Ramadan, persiapan jelang mudik semakin gencar dilakukan pemerintah lewat salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara), PT Pertamina (Persero).

Perusahaan BUMN penyedia Bahan Bakar Minyak (BBM) ini sudah memastikan amannya pasokan BBM di sepanjang jalur tol Trans Jawa. 

Sebanyak 112 titik layanan BBM, baik SPBU reguler maupun SPBU modular sudah siap melayani masyarakat saat proses mudik dan arus balik di masa Idul Fitri 1440 H.

Kepastian ini didapatkan setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Igansius Jonan yang didampingi Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan Direktur Pemasaran PT. Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid melakukan kunjungan di dua titik SPBU di jalur tol Surabaya-Semarang, Sabtu (11/5/2019). 

“112 titik layanan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa membentang dari Merak hingga Pasuruan. Terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dispenser (mobil tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM,” jelas VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman. 

Untuk melayani para pemudik yang melalui jalur tol wilayah Jawa Timur, Pertamina menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya – Solo. 

Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, ada 7 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga yang disiapkan. 

Bagi pemudik yang melintas di Jalur Tol wilayah Jawa Tengah, sudah ada 6 SPBU reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik. 

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.

“Kami berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” tambah Fajriyah Usman. 

Lebih jauh ia juga menyampaikan bahwa Pertamina sangat concern terhadap kondisi pemudik yang rentan capek saat menempuh perjalanan jauh dan panjang melewati jalur tol. 

“Untuk itu kami siapkan 9 titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah. Dimana didalamnya terdapat fasilitas layanan pijat, tempat bermain anak, dan fasilitas lainnya untuk melepas lelah,” lanjutnya.

“Jadi kami sarankan kepada para pemudik untuk bisa beristirahat di sela perjalanan, karena keselamatan berkendara adalah hal yang paling utama,” pungkasnya. 

Titik Rumah Pertamina Siaga yang tersedia bisa diketahui melalui aplikasi MyPertamina dan WAZE. Dimana layanan ini mulai tersedia pada H-10 Lebaran. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×