Ada yang ke Kalibata City Square hari Minggu, 27 November lalu? Kalau kamu hadir di sana, kamu pasti melihat keramaian di acara Garage Sale OLX. Dari jam 10.00 hingga 22.00 WIB, Garage Sale OLX selalu ramai didatangi pengunjung. Mereka bertransaksi, menjual, membeli, bernegosiasi, menyumbang dan mendapat hiburan.

Bertempat di atrium Mall Kalibata City Square di kompleks apartemen Kalibata City, para pengunjung dipersilakan ngubek-ngubek semua barang preloved yang telah dititipkan oleh pemilik sebelumnya untuk dijual secara bersamaan. Ada 800 benda yang dijual masih bagus-bagus, lho. Beberapa di antaranya:

garagesale5
Foto-foto: Reynaldo Pratama/OLX

garagesale6

garagesale2

garagesale4

Semua barang-barang preloved ini sebagian besar adalah milik dari penghuni apartemen Kalibata City, lho. Alasan mereka menjual barang-barang yang masih sangat layak pakai ini kebanyakan karena apartemen mereka sudah terlalu sesak. Maka menjual barang-barangnya adalah solusi yang dirasa sangat tepat untuk mereka.

Garage Sale OLX ini pun bukan hanya jalan keluar untuk penjual yang kelebihan barang. Tapi juga berkah untuk para pembeli. Simak nih pengakuan pengunjung Garage Sale OLX yang happy bawa pulang barang bagus dengan harga miring.

Mutiah, Pegawai Negeri Sipil

“Saya memang sedang cari sepatu sneakers wedges putih. Kebetulan di sini ada yang jual. Harganya murah, cuma Rp100 ribu. Saya juga pengguna OLX, lho. Saya memang suka jual macam-macam barang saya yang sudah tidak terpakai di situ. Karena responnya cepat, langsung ada yang yang nelpon karena mau beli.”

 

Adi, Karyawan Swasta

garagesale-adi

“Saya tadi hanya kebetulan lewat. Tapi begitu saya nemu tas laptop yang masih layak pakai, ya udah saya beli. Menurut saya ini murah, karena brand-nya lumayan bagus. Kebetulan saya memang butuh tas laptop ini. Padahal saya jarang buka OLX untuk pembelian barang. Saya biasanya buka OLX untuk info kos-kosan. Sampai sekarang kalau teman saya butuh info properti seperti kos-kosan, saya pasti rekomendasikan OLX.”

 

Indah, Make Up Artist (penjual)

garagesale-indah

“Di sini saya menjual baju-baju fesyen wanita impor dan juga baju-baju second. Baju-baju saya di rumah juga saya jualin di sini, hehehe. Saya ikut program ini karena memang acaranya menarik dan saya bisa jualin baju-baju saya yang nggak terpakai yang hanya penuh-penuhin lemari. Jualnya juga cepat, kok. Sampai siang ini saya sudah berhasil jual 12 pieces baju bekas saya. Baju bekas yang saya bawa ada lebih dari 50 potong, lho. Saya memang pengguna OLX. Saya merasa OLX sangat membantu orang-orang yang punya toko online. Terjualnya cepat, mudah, dan praktis. Kalau nanti ada acara Garage Sale OLX seperti ini, saya mau ikutan lagi.”

 

Hatta Wijaya, Operational Staff (penjual)

garagesale-hattawijaya

“Saya senang jualan di Garage Sale OLX ini. Selain acaranya seru, customer-nya rame dan antusias. Mereka datang ke sini dari jam 10 pagi dan makin siang, makin ramai. Di sini saya jualan barang baru, yaitu kain batik, jam tangan, dan pakaian. Saya juga jualan barang preloved. Ada sepatu, baju, tas, ada sekitar 20 buahlah. Sekarang barang preloved saya tinggal sisa satu kemeja putih.

Saya memang suka menjual barang-barang preloved saya. Ada yang bilang sebaiknya barang-barang preloved itu sebaiknya disumbangkan. Namun kendala kalau menyumbang barang preloved adalah kadang barangnya tidak cocok juga takut menyinggung si penerima. Dengan adanya Garage Sale OLX seperti ini, hasil penjualan barang preloved-nya bisa kita sisihkan untuk disumbangkan. Menurut saya cara seperti itu lebih bermanfaat untuk orang lain. Kalau OLX mengadakan garage sale seperti ini lagi, saya mau ikutan. Soalnya penjualan saya hari ini berhasil.”

 

Wajarlah para penjual dan pembeli di Garage Sale OLX ini senang akan acara hari tersebut. Karena selain pembeli mendapatkan barang layak dengan harga murah meriah, para penjual pun sangat gampang balik modal lantaran semua booth jualan yang ada di Garage Sale OLX disediakan secara gratis. Bahkan semua keuntungan penjualan yang didapat dari Garage Sale OLX ini dikembalikan sepenuhnya untuk si pedagang, tanpa dipotong sepeser pun oleh OLX.

Menurut Chrismartin Hanandito Satrio Project Manager OLX Indonesia, semangat yang senada memang menjadi tujuan dari acara Garage Sale OLX ini. “Barang-barang yang masih layak pakai atau preloved itu memang masih bagus untuk dipakai lagi dan kemudian kalau dijual barang tersebut masih memunyai harga yang sangat berarti buat orang lain,” ujarnya.

Lelaki yang akrab disapa dengan sebutan Aan ini mengakui bahwa selama ini OLX sudah sangat laku di online. Namun kita tidak boleh lupa akan kebiasaan melepas barang preloved secara langsung atau on ground. Untuk itu acara Garage Sale OLX ini akan sering dilakukan terhitung tahun depan.

“Rencananya kami akan mengadakan acara serupa di 30 apartemen Podomoro Group Land. Selain karena kami memang berkerja sama dengan Podomoro Group Land, yang kami ingin sampaikan adalah untuk mencari barang bagus itu tidak perlu jauh-jauh. Contoh saja seperti tadi pagi. Ketika kami buka acara ini jam 10 pagi, ternyata garage sale ini sudah diserbu oleh orang. Kebanyakan sih pemburu barang preloved adalah penghuni apartemen sini juga. Jadi bisa dikatakan kalau masing-masing penghuni apartemen Kalibata City ini hanya saling bertukar barang dengan penghuni lainnya. Oleh karena itu tanpa adanya orang luar pun, pengunjung yang berasal dari penghuni apartemen saja sudah ramai. Mereka hanya butuh tempat untuk saling bertukar doang,” jelas Aan.

Aan juga menambahkan bahwa jangan berasumsi bahwa barang tidak terpakai kamu tidak akan laku. “Contohnya nih, karena kami pilih mengadakan garage sale ini di hari Minggu, maka banyak ibu-ibu yang mengajak anaknya untuk datang. Buku anak-anak dan perlengkapan anak jadi barang yang paling cepat laku untuk hari ini. Yang laki-laki juga banyak mengincar sneakers. Sneakers itu mungkin secara tampilan terlihat kotor, namun setelah mereka bersihkan sedikit terlihatlah kalau barangnya masih bagus banget. Tadi ada yang menjual sneakers yang harga aslinya masih satu jutaan, di sini mereka menjual hanya dengan kisaran harga 100-150 ribu.”

Menarik, bukan? Makanya, yuk kumpulin barang-barang preloved-mu dari sekarang untuk dijual di Garage Sale OLX selanjutnya.

 

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×