Segmen mobil perkotaan (city car) di tahun ini makin semarak dengan kemunculan sejumlah model baru. Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan membeli mobil baru, tak ada salahnya menengok jajaran produk baru di kelas ini. Apalagi jika kamu membutuhkan kendaraan untuk aktivitas sehari-hari. Kondisi jalanan perkotaan yang semakin macet sangat cocok untuk city car yang dimensinya lebih kecil.

Tahun ini, sejumlah merek meluncurkan produk baru dengan harga relatif terjangkau dan desain serta fitur yang tak kalah dengan mobil-mobil seharga lebih Rp 200 jutaan. Berikut kami rangkumkan untuk kamu:

1. Proton Iriz

(Foto: Manoj Prasad via Flickr)
(Foto: Manoj Prasad via Flickr)

Pabrikan asal Malaysia belum mau menyerah dengan pasar otomotif Indonesia yang didominasi merek Jepang. Setelah absen sekitar 2 tahunan, Proton kembali menggebrak dengan menghadirkan produk Iriz. Yaitu city car bermesin 1.300 cc. Lalu apa yang menarik dari produk ini?

Regional Head ASEAN, International Sales Division Proton Holding Shahidin Hamid sewaktu memperkenalkan Iriz Februari lalu mengatakan, mobil ini ditawarkan untuk konsumen yang menginginkan fitur lengkap yang tak ada di segmen Low Cost Green Car (LCGC).
Harga jual Iriz memang sedikit di atas LCGC, yakni sekitar Rp 175-185 jutaan. Namun, Iriz memiliki pilihan transmisi otomatis CVT, ditambah fitur-fitur keamanan standar yang setara sedan mahal.

Fitur-fitur tersebut antara lain sistem anti-lock braking system (ABS), airbag, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan Hill Hold Assist (HHA). Masih ada lagi seperti Isofix, sensor mundur, dan impact sensing door unlock.

Cari mobil Proton di OLX? Klik link berikut.

 

2. Suzuki Ignis

City car-suzuki ignis fin
Jika kamu ingin memiliki kendaraan dengan model lebih trendi dan berjiwa muda, produk baru dari Suzuki ini layak dipertimbangkan. Suzuki Ignis adalah city car yang mengusung konsep small-crossover yang terlihat dari bentuk bodi yang berotot dan jarak lantai dengan tanah (ground clearance) tinggi.

Suzuki belum mengumumkan secara resmi harga mobil bermesin 1.200 cc ini. Tapi di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun lalu, Suzuki menyebutkan banderol Ignis akan berkisar Rp 130-160 jutaan.

Kelebihan Igniz, selain desain yang modern dan funky, juga kelengkapan fitur seperti head unit LCD, fitur keselamatan ABS dan EBD, dan transmisi auto gear shift di mana pengguna bisa memilih perpindahan gigi secara manual maupun otomatis.

Cari mobil Suzuki di OLX? Klik link berikut.

3. All New Chevrolet Spark

(Foto: Zytonits via Flickr)
(Foto: Zytonits via Flickr)

Pabrikan asal Amerika Serikat Chevrolet kembali menggoda konsumen Indonesia dengan meluncurkan city car Spark yang menjanjikan fitur lengkap. Spark yang dikabarkan dijual seharga Rp 190 jutaan memiliki fitur layar sentuh 7 inci sebagai head unit. Juga dilengkapi piranti keselamatan standar seperti ABS, EBD, Electronic Stability Control, dan hill start assist. Fitur ini akan memudahkan sopir mengontrol kendaraan saat harus berhenti di tanjakan.

Ada pula fitur modern seperti lampu depan model daytime running light (DRL) LED, fog lamp, dan spion dengan fitur heater yang mencegah terjadinya embun pada berkendara di kondisi hujan.

Dibandingkan city car pendatang baru lainnya, Spark juga menawarkan kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1.400 cc. Meski dimensinya mungil dan dirancang untuk perkotaan, mesin yang lumayan besar ini membuat Spark cocok untuk digunakan berpergian ke luar kota.

 

4. Hyundai Grand i10

(Foto: RL GNZLZ via Flickr)
(Foto: RL GNZLZ via Flickr)

Ini jadi salah satu produk city car yang banyak ditunggu konsumen di Indonesia. Pasalnya, di negara lain Hyundai Grand i10 dikenal sebagai mobil irit dan mudah dikendarai. Produk ini memakai mesin 1.200 cc dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Diperkirakan, harga jualnya berkisar antara Rp 170-190 jutaan.

Apa saja kelebihan mobil asal Korea Selatan ini? Secara tampilan, Grand i10 tampil sederhana dan minimalis, khas mobil perkotaan. Namun berdasarkan bocoran yang beredar di negara lain, fitur di dalam kabin mobil ini cukup lengkap seperti head unit multimedia yang mampu memutar musik MP3, CD, USB, dan Radio. Versi tertingginya pun dikabarkan akan dilengkapi layar sentuh. Adapun untuk fitur keamanan, Grand i10 dibekali kantung udara, dan sistem pengereman ABS.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×