Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia memang belum menjadi negara maju. Dibanding dengan Cina dan Amerika Serikat, rasanya Indonesia masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan untuk akhirnya bisa menjadi salah satu negara yang dipandang.

Tapi tentu, negara ini bukan tanpa prestasi. Salah satunya, coba lihat dari sisi teknologi. Ternyata, beberapa terobosan teknologi di Indonesia cukup bisa membanggakan loh. Beberapa di antaranya:

 

Karya anak bangsa-gojek ok

Go-Jek
Startup berbasis teknologi ini sebenarnya bukan pemain baru. Go-jek sudah ada sejak awal 2010. Namun pada saat itu, bisnisnya memang belum dikelola secara serius. Nah, beberapa tahun terakhir, Go-Jek mencuat menjadi salah satu perusahaan teknologi paling penting di Indonesia.

Gimana nggak, selain mampu membuka ratusan ribu lapangan kerja untuk para riders, Go-Jek juga mampu mempercepat adaptasi uang digital lewat Go-Pay, belum lagi membantu perkembangan banyak bisnis makanan lewat layanan Go-Food mereka. Nggak heran, Go-Jek menjadi salah satu terobosan teknologi yang mampu dibanggakan Indonesia.

 

(Foto: Jon Russell via Flickr)
(Foto: Jon Russell via Flickr)

Tokopedia
Satu lagi startup Indonesia yang namanya harum di mancanegara, Tokopedia. Market place terbesar di Indonesia ini memang salah satu pemain pertama dalam bidangnya. Setelah bertahun-tahun menelurkan berbagai macam inovasi, nggak heran kalau Tokopedia saat ini sudah berstatus unicorn dengan valuasi miliaran dolar Amerika. Saking bekennya, Tokopedia digadang-gadang bakal menjadi Alibaba-nya Indonesia. Tentu menarik menunggu inovasi Tokopedia, terlebih di bidang teknologi lainnya.

 

 

(Foto: Ikhlasul Amal via Flickr)
(Foto: Ikhlasul Amal via Flickr)

Pesawat N-250
Jauh sebelum inovasi dalam dunia teknologi digital bermunculan, Indonesia ternyata pernah menjadi inovator dalam bidang pesawat udara. Pada masa kejayaannya, PT Dirgantara Indonesia pernah menghasilkan rancangan pesawat yang dinamakan Gatotkaca. Sayangnya, pesawat ini menjadi satu-satunya rancangan Indonesia yang pernah berhasil terbang pada tahun 1995 silam.

 

 

Karya anak bangsa-4g ok

Jaringan 4G LTE
Nggak banyak yang tahu, bahwa teknologi jaringan seluler 4G LTE yang digunakan di semua smartphone dirancang dan dibangun oleh orang Indonesia kelahiran Kediri, Khairul Anwar. Ia mulai mengembangkan teknologi ini sejak 2010 silam. Kini ia berdomisili di Jepang.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×