Kayaknya kita semua sudah tahu deh kalau sejak tahun kemarin Snapchat memang lagi banyak digandrungi orang-orang. Entah karena filternya yang lucu-lucu atau karena kemudahannya dalam merekam dan membagikan video. Walaupun Snapchat sudah diluncurkan bertahun-tahun silam, tapi pengguna media sosial nampaknya baru ramai menggunakan aplikasi ini sekitar dua tahun terakhir. Tapi ternyata Snapchat tidak hanya berhenti berinovasi di situ. Tahun 2016 kemarin, mereka resmi meluncurkan gadget buatan mereka sendiri yang dinamakan Spectacles. Gadget ini menjadi yang pertama bagi Snap Inc (nama perusahaan pengembang Snapchat) dan menandai keseriusan mereka dalam menambah seru pengalaman penggunanya dalam merekam dan membagikan video.

Apa sih Snap Spectacles?

(Foto: Danny Roobinson via Flickr)
(Foto: Danny Roobinson via Flickr)

Masih ingat dengan gadget yang dulu sempat hits pada masanya, Google Glass? Nah Spectacles ini nggak jauh berbeda dengan gadget keluaran Google yang sayangnya gagal di pasaran itu. Spectacles sejatinya adalah sebuah kacamata yang dilengkapi dengan kamera kecil yang bisa digunakan untuk mengambil (hanya) video. Gampangnya, kamu nggak perlu lagi deh repot bawa-bawa GoPro atau action camera lainnya ke mana-mana buat merekam kegiatan sehari-hari kamu. Spectacles berbentuk seperti sunglass pada umumnya, sehingga kamu nggak perlu malu menggunakannya di mana-mana.

 

Keunggulannya Apa?
Jika biasanya kamu merekam video menggunakan smartphone atau gadget lainnya, kamu akan mengambil gambar dari point of view gadget tersebut — bukan mata kamu sendiri. Nah dengan Spectacles, kamu bisa merekam video dengan sudut pandang seperti yang kamu alami sendiri. Karena Spectacles dilengkapi dengan kamera yang diletakkan di kacamata, kamu bisa merekam video kamu bermain dengan kucing peliharaan seakan merekam video langsung dari mata kamu. Selain itu, seringkali momen seru terjadi tanpa direncanakan. Kebayang kan berapa banyak momen Instagram-worthy yang harus lepas dari kamera karena kamu nggak sempat mengambil smartphone dan mulai merekam dengan cepat? Spectacles bisa menyelesaikan ini semua.

Selain itu, video yang kamu rekam menggunakan Spectacles juga bisa langsung dibagikan dalam Snapchat, lho. Melalui sedikit proses transfer data yang semuanya dilakukan di dalam aplikasi Snapchat, kamu bisa dengan cepat membagikan video saat kucing peliharaan kamu lagi tidur siang dan jatuh dari meja.

(Foto: John Kotsier via Flickr)
(Foto: John Kotsier via Flickr)

Berapa Harganya?
Konon kabarnya, harga Spectacles nggak terlalu mahal dan nggak terlalu murah juga. Di Amerika sana, kamu bisa membeli Spectacles dengan harga $129. Jika dirupiahkan, ya kira-kira kamu harus merogoh kocek sedalam Rp 1.7 juta. Buat ukuran kamera dan kacamata, kayaknya harga ini masih cukup realistis dan bisa dijangkau oleh kaum menengah ke atas. Tapi tentu kamu harus mempertimbangkan harga gadget yang biasanya akan jadi lebih mahal ketika mereka masuk dan dijual resmi di Indonesia. Mulai nabung dari sekarang, deh!

Spectacles beli fin

Beli Di Mana?
Sayangnya, saat ini Spectacles masih dijual secara terbatas. Snap Inc dikabarkan hanya menjual Spectacles di vending machine berwarna kuning yang diberi nama Snapbot. Kabarnya juga seluruh stok Spectacles sudah habis diserbu pembeli. Jadi nampaknya, satu-satunya cara kamu bisa membeli Spectacles sekarang adalah lewat reseller. 

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×