News from OLX

Ekspor Motor Yamaha ‘Gebuk’ Honda

0 Komentar

Persaingan penjualan kendaraan roda dua di Tanah Air memang tidak seketat di pasar roda empat. Maklum saja, jumlah merek sepeda motor yang dijual di Indonesia relatif lebih sedikit dibanding jumlah merek mobil.

Bahkan yang tercatat masuk di keanggotaan AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) hanya lima merek. Yakni Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS.

Dari kelima merek anggota AISI tersebut, praktis hanya merek motor Honda yang penjualannya cukup dominan.

Bahkan dari laporan penjualan AISI dalam dua bulan pertama 2019 ini, merek motor Honda menguasai market share hingga 77%. Jauh meninggalkan catatan penjualan empat merek sepeda motor lainnya.

Honda memang boleh berjaya di sektor penjualan domestik. Tapi untuk urusan ekspor, Honda harus mengakui keunggulan Yamaha.

Dari data ekspor AISI untuk Januari – Februari 2019 tercatat mencapai angka total pengiriman sebanyak 121.766 unit. Kontribusinya untuk total industri otomotif nasional mencapai 11,1%.

Untuk model yang paling banyak dikirim ke luar negeri, skutik masih menjadi model paling banyak peminatnya. Model ini (skutik) mencatat angka ekspor sebanyak 88.566 unit, kemudian model sport sebanyak 18.366 unit, dan terakhir adalah model underbone sebanyak 14.834 unit. 

Merek Yamaha Kuasai Hampir Setengah Total Ekspor Motor

Ekspor Sepeda Motor
Yamaha NMax menjadi salah satu model Yamaha yang menyumbang angka ekspor cukup tinggi (Yamaha)

Dari jumlah tersebut, Yamaha menyumbang angka ekspor sebanyak 60.371 unit atau persentase penguasaan hampir setengah dari total ekspor sepeda motor.

Berikutnya baru merek motor Honda dengan angka ekspor mencapai 37.335 unit atau 30,7%.

Di posisi ketiga ada merek motor Suzuki yag menyumbang angka ekspor sebanyak 10.628 unit atau 8,7%.

Yang paling menarik adalah catatan ekspor merek motor TVS. Meski penjualan domestiknya kecil, tapi untuk urusan ekspor, TVS banyak menerima pesanan dari luar negeri.

TVS menduduki posisi keempat jumlah ekspor dengan sumbangan angka 7.740 unit atau 6,4%. Angka ini jauh diatas catatan penjualan domestik yang hanya mencatat angka 192 unit.

Dan yang paling terakhir merek Kawasaki dengan angka ekspor sebanyak 5.692 unit dengan penguasaan ekspor sebesar 4,7%. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×