Pemilik kendaraan yang lalai atau mengabaikan kewajibannya membayar pajak kendaraan disebabkan karena mungkin banyak yang malas untuk antri di loket Samsat atau malas kalau harus berurusan dengan ‘tenaga bantu’ dadakan yang setiap saat mengintai menawarkan pertolongan.

Belum lagi dokumen-dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat kalau mau mengurus pembayaran pajak kendaraan. Arghhhh… semuanya ribet dan bikin pusing kan OLXer?

Tapi apa yang dilakukan oleh pihak Samsat sekarang ini benar-benar menjadi sebuah terobosan maju. Fasilitas e-Samsat bikin OLXer nggak perlu lagi susah-susah ngantri dan mempersiapkan berbagai berkas untuk mengurus pembayaran pajak.

Sekarang bayar pajak kendaraan makin mudah, bisa dilakukan secara online serta terintegrasi, jadi pemilik mobil maupun motor sudah bisa bayar pajak lewat perangkat smartphone.

Langkah Mudah Bayar Pajak Kendaraan via Online

Lalu semudah apakah pembayaran pajak dengan sistem online ini?

Berikut OLX jelaskan penjabarannya :

Yang paling pertama OLXer harus men-download aplikasi Samsat Online dulu, bisa dari Ios maupun Android.

Kelar download aplikasi, OLXer lalu mengisi data aplikasi yang terdiri dari nomor polisi kendaraan, nomor KTP, 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, nomor telepon, dan terakhir alamat email.

Berikutnya sistem akan melakukan verifikasi data. Bila valid maka yang akan tampil adalah data pemilik kendaraan. Sebaliknya, bila OLXer terlambat melakukan pembayaran, maka akan keluar keterangan data tidak valid karena telat membayar pajak atau pajak sudah lewat setahun. 

Kalau verifikasi berhasil maka selanjutnya OLXer sebagai pemilik kendaraan akan menerima jumlah biaya pajak yang harus dibayarkan. 

Setelah itu OLXer alias wajib pajak akan mendapatkan notifikasi pembayaran elektronik berikut kode pembayarannya. Ini berlaku selama dua jam dan bila lewat dari batas waktu tersebut maka sistemnya akan tertutup dan tagihan tidak berlaku. 

Jadi kalau sudah dapat notifikasi pembayaran dan kode pembayarannya, segera lakukan pembayaran lewat ATM, atau bisa melalui internet banking

Selanjutnya OLXer akan menerima tanda bukti pelunasan pajak melalui email dan berlaku selama 30 hari, terhitung sejak hari pertama dikirim. 

Terakhir, tinggal tunggu stiker pengesahan yang bakal dikirim ke alamat sesuai yang tertera di STNK. Gampang banget kan OLXer? 

Tapi ingat OLXer, layanan ini hanya untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan. Bukan pajak 5 tahunan yang harus ikut cek fisik serta penggantian plat nomor.

Jadi sekarang OLXer udah nggak punya alasan lagi menunda pembayaran pajak karena dibuat semakin mudah dan tentunya bersahabat bagi semua pemilik kendaraan. Yuk langsung download aja aplikasinya… (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×