Tips and Tricks

Deteksi Kerusakan Transmisi Otomatis pada Mobil

0 Komentar

Kendaraan otomatis atau matic saat ini menjadi pilihan terbaik dengan kondisi perjalanan yang semakin macet. Dengan menggunakan transmisi otomatis, pengemudi tentu mendapat kemudahan saat berkendara. Namun, kemudahan tersebut tentu datang dengan beberapa ‘kesulitan’ dalam perawatan terutama jika kendaraan memang sudah dalam keadaan rusak berat. Oleh karena itu, ada baiknya mendeteksi kerusakan dini pada transmisi kendaraan otomatis Anda.

Deteksi awal bisa dilakukan dengan mengandalkan panca indera sebagai pengemudi. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk deteksi kerusakan pada transmisi otomatis.

1. Cek Pelumas Transmisi

oli pelumas mobil
Pemeriksaan bisa dilakukan saat mobil menyala dengan melihat level dipstick oli. Jika warna oli sudah keruh, kehitaman, serta ada serbuk halus disekitarnya maka ada masalah pada transmisi kendaraan kamu.

2. Hentakan Saat Perpindahan Gigi

shutterstock_128552696
Jika kamu merasakan adanya sensasi hentakan saat perpindahan gigi, maka kamu patut waspada karena ini merupakan ciri awal adanya kerusakan pada mesin transmisi. Kerusakan biasanya terjadi pada sektor mekanis atau elektrik kendaraan.

3. Mobil Bergetar Ketika Dijalankan

shutterstock_133461689
Kondisi bergetar pada kendaraan terjadi karena kondisi plat atau kampas kopling sudah buruk dan menipis dan menjadi mudah terkikir sehingga permukaannya tidak rata. Inilah yang membuat kendaraan bergetar ketika sedang dijalankan.

4. Transmisi Tak Berpindah

shutterstock_204038881
Transmisi tidak bisa dipindahkan dari P menuju transmisi lain biasanya terjadi karena sistem kendaraan mendeteksi adanya kerusakan pada switch rem. Mobil ‘merasa’ bahwa pedal rem belum diinjak saat akan memindahkan transmisi sehingga tuas tidak bisa dipindahkan sama sekali.

5. Tak Bergerak dari Gigi 3

shutterstock_328230149
Jika kamu mendapati kendaraan tidak bisa berpindah dari gigi 3, baik naik atau turun, kondisi ini disebut limp mode. Kendaraan mendeteksi adanya kerusakan pada sistem kendaraan sehingga hanya bisa digunakan pada gigi 3 atau netral. Sebaiknya, langsung bawa kendaraan kamu ke bengkel terpercaya.

6. Posisi Gigi Terasa ‘los’

shutterstock_334633838
Meski sudah memasukkan transmisi D, namun mesin seperti los, berarti kerusakan pada transmisi sudah masuk tahap cukup berat. Kondisi seperti ini biasanya, tuas transmisi bisa kamu pindahkan namun perpindahan tuas tidak sejalan dengan kondisi ransmisi sebenarnya. Sebaiknya segera periksakan kendaraan kamu pada bengkel resmi.

Comments are closed.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×