Tips and Tricks

Cara Membedakan Suku Cadang yang Asli dan Palsu

0 Komentar

Memilih suku cadang untuk kendaraan bermotor bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jika Anda tidak teliti, penjual-penjual nakal akan membuatmu merugi. Memakai suku cadang yang palsu bisa berakibat pada kerusakaan kendaraan bermotor milikmu.

Untuk menghindari  hal tersebut, hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah membeli suku cadang di toko resmi. Pembelian di toko resmi dapat menghindarkanmu dari membeli suku cadang palsu. Selain itu, jika terjadi masalah pada suku cadang yang dibeli, kamu sebagai konsumen dapat langsung menngajukan keluhan.

Berikut ini adalah cara untuk membedakan suku cadang yang kamu beli asli atau palsu :

  1. Kemasan

Jangan mudah tertipu dengan kemasan yang unik dan warna yang tidak biasanya. Bahkan kemasan dengan logo brand yang bersangkutan (contohnya Honda) sekalipun tidak selalu terjamin keasliannya. Kemasan atau bungkus spare part asli, biasanya memiliki warna serta tulisan yang lebih jelas dibandingkan kemasan suku cadang palsu. Pada salah satu bagian kemasan suku cadang palsu, terdapat cacat. Tanyakan secara rinci kepada pemilik toko dan perhatikan tulisan yang tercantum pada kemasan. Kemasan suku cadang asli biasanya menggunakan bahasa inggris, dan bukannya Bahasa Indonesia.

800-SukuCadang1

  1. Harga

Tidak dapat dipungkiri, harga menjadi salah satu alasan mengapa banyak konsumen memilih sebuah suku cadang tertentu. Jika penjual menawarkan harga yang terlalu miring untuk suku cadang merk kendaraan tertentu, kamu perlu lebih waspada lagi. Karena kemungkinan besar suku cadang yang ditawarkan itu palsu. Jadi jangan mudah tergiur dengan harga yang murah.

  1. Garansi

Selalu perhatikan garansi yang diberikan oleh penjual. Suku cadang asli, memiliki garansi langsung dari produsen yang bersangkutan.Misalnya Honda, Yamaha,Suzuki dan sebagainya. Jika penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, hal ini perlu diwaspadai. Pastikan kamu mendapatkan garansi resmi dari merk yang bersangkutan.

800-SukuCadang3

  1. Bahan komponen yang digunakan

Suku cadang yang asli dikemas dengan standar tinggi dari pabrik dan di-pres kuat-kuat. Karena itu kemasan suku cadang yang asli agak lebih susah dibuka. Setelah dibuka, perhatikan bahan komponen yang digunakan. Kamu dapat memperhatikan secara detil seperti apa bahan yang digunakan pada spare part tersebut. Biasanya suku cadang palsu menggunakan bahan komponen yang bermutu jauh lebih rendah dibanding yang asli. Misal, jika suku cadang yang asli menggunakan material baja, maka yang palsu berbahan dasar besi.

Belilah suku cadang yang sesuai dengan merk kendaraan motor yang dimiliki. Contohnya jika kamu memiliki motor Honda, belilah suku cadang Honda dan bukannya Yamaha. Selain itu, kamu juga melakukan survei harga terlelbih dahulu sebelum membeli. Bagi kamu yang ingin mengecek harga suku cadang Honda yang akan dibeli, kamu bisa mencari informasinya melalui internet atau datang langsung ke toko-toko resmi milik Honda.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×