Tips and Tricks

Cara Membedakan Jam Tangan Asli Atau Palsu

0 Komentar

Banyaknya jam-jam tangan KW atau palsu membuat sebagian orang merasa ragu saat ingin membeli jam tangan. Apalagi, sekarang ini banyak pedagang nakal yang menjual jam tangan KW dengan harga yang sama dengan harga jam tangan original. Jika kamu tidak ingin menjadi salah satu konsumen yang tertipu, berikut ini adalah cara membedakan jam tangan asli atau palsu.

  • Box dan Kartu Garansi International

800-JamTangan1

Coba cek jam tangan yang akan dibeli memiliki garansi international atau tidak. Garansi jam tangan bisa berupa kartu garansi ataupun buku garansi yang berisi manual. Jika berbentuk buku, ada form garansi yang harus diisi oleh pihak penjual sewaktu membeli jam tangan tersebut.

  • Logo Jam

Cek apakah logo jam merk tersebut tercetak di plat depan, tutup belakang, gasper dan kenop. Untuk logo yang terdapat di plat depan,tutup belakang, dan gasper tidak harus timbul. Timbul atau tidaknya sebuah logo tergantung dari desain setiap merk jam. Logo di tutup belakang biasanya menggunakan system grafir, jadi akan terasa sedikit bertekstur saat disentuh. Pada kenop jam tangan juga tidak selalu terdapat logo di atasnya. Jika ukuran kenop terlalu kecil, akan sulit untuk melakukan proses grafir di atasnya. Karena itu perhatikan jam tangan yang dibeli, karena jika kenop berukuran besar dan tidak berlogo, ada kemungkinan bahwa jam tangan tersebut palsu/KW.

  • Body dan Rantai / Straps

800-JamTangan2

Cek material bahan pembuat jam tangan tersebut. Jam tangan pada umumnya menggunakan stainless steel, dan di tutup belakang jam bertuliskan all stainless steel, Tulisan ini berarti bahwa jam tangan tersebut terbuat dari bahan stainless steel. Sedangkan jam tangan yang bertulisakan stainless steel back, berarti body/casing jam tersebut terbuat dari nikel, diral atau plastik fiber. Sekarang ini kebanyakan jam menggunakan bahan all stainless steel, kecuali jam original merk Casio  dengan tipe standard yang tidak semua tipe menggunakan bahan tersebut.

Selain mengecek material pembuatnya, cek juga finishing body tersebut; apakah bertekstur halus tidak tajam atau kasar. Jam tangan original yang berharga fantastis tentu saja akan memiliki finishing body yang halus. Sedangkan untuk jam tangan KW yang berharga murah, finishing bodynya akan bertekstur kasar. Jam tangan KW atau palsu juga memiliki rantai atau straps yang lebih ringan karena menggunakan stainless yang berongga.

  • Mesin Jam Tangan

Tipe mesin yang digunakan untuk jam tangan memiliki banyak sekali tipe. Harga jam tangan yang berkisar antara Rp150.000-Rp2 juta memiliki mesin buatan Jepang. Sedangkan untuk harga jam tangan di atas Rp2 juta akan menggunakan mesin buatan Swiss. Jam tangan original pasti menggunakan mesin yang tidak paten. Maksudnya adalah mesin yang digunakan untuk jam tangan original bisa dibongkar/di-service. Berbeda dengan mesin jam tangan buat Cina yang paten dan terbuat dari plastik, jadi tidak bisa dibongkar. Mesin jam yang paten jika rusak harus dibuang dan tidak dapat diperbaiki.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×