Jaman sekarang, siapa sih yang nggak butuh liburan. Di tengah sibuknya kegiatan sehari-hari, kayaknya semua orang merasa berhak mendapatkan beberapa hari untuk liburan dan menyegarkan lagi mood untuk menjalani hari.

Tapi yang namanya ego, kadang lebih besar dari kemampuan diri sendiri. Kadang kita udah males pergi ke tempat-tempat yang terlalu mainstream dan banyak dikunjungi orang lain. Pasti kamu pernah merasakan keinginan buat jadi antimainstream dan berlibur ke tempat-tempat yang masih jarang banget dikunjungi. Nah kami punya ide buat kamu, kenapa nggak coba liburan ke tempat-tempat penghasil batik di Indonesia? Contohnya:

Cirebon

PetaJawa
Kota di ujung Jawa Barat ini banyak dikenal orang sebagai salah satu penghasil industri udang terbaik. Selain itu, Cirebon juga populer dengan batiknya. Kota ini sejak lama dikenal sebagai pusat industri batik ternama di daerah Jawa.

Motif batik yang paling dikenal dari Cirebon, adalah motif Megamendung. Konon motif ini melambangkan awan pembawa hujan, sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Pemilihan motif ini bukan tanpa sejarah loh. Dahulu kala, seni membantik hanya dimiliki anggota Keraton. Tapi lama-lama, batik justru jadi komoditas utama industri kota ini.

Yogyakarta

Jogja
Siapa sih yang nggak pernah ke Yogyakarta. Kota pelajar ini punya banyak arti yang berbeda-beda bagi setiap orang deh. Ada yang mengunjungi Yogyakarta karena unsur adatnya, ada yang hanya sekedar ikutan tur lokasi syuting AADC 2.

Tapi jangan lupa, Yogyakarta juga masih menjadi salah satu pusat batik. Saking besarnya, Yogyakarta dikenal punya banyak motif khas yang disukai para pencinta batik. Di antaranya, motif Parang, motif Lereng, dan motif Kawung. Dan, nggak ada tempat yang lebih tepat buat berburu batik di Yogyakarta, dibanding Pasar Bringharjo. Awas, jangan khilaf ya!

Pekalongan

Batik1
Berbeda dengan Yogyakarta, Pekalongan bukanlah kota tujuan wisata. Kota di pesisir utara Pulau Jawa ini memang dikenal sebagai penghasil batik berkualitas. Nggak heran, beberapa inovasi batik terbaru sering muncul dari kota ini, hingga Pekalongan dijuluki sebagai Kota Batik.

Sesuai julukannya, tentunya Pekalongan memiliki sejarah yang panjang terkait dengan batik. Aneka sifat, ragam kegunaan, dan jenis rancangan mampu membuat batik Pekalongan senantiasa menjadi batik terbaik. Beberapa motif batik Pekalongan pun dipandang sebagai yang terbaik di kelasnya. Sebut saja Motif Jlamprang, Motif Burung Garuda, dan Motif Batik Liong yang memiliki kesan oriental dengan kemunculan karakter naga.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×