Di sela-sela kesibukan kamu dalam beraktivitas sehari-hari, pernah nggak sih kamu menyempatkan sedikit waktu buat berbuat baik untuk sekitar kamu? Terkadang, saking sibuknya kita bikin ngerasa waktu tuh berharga banget, dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya buat kebahagiaan diri sendiri. Setelah capek-capek bekerja seharian, kenapa harus menyempatkan diri buat bantuin nenek-nenek nyebrang jalan? Sudah susah payah mencari uang, kenapa harus menyisihkan sedikit untuk kakek-kakek pengemis?

Tahu nggak sih kamu, sebenarnya nggak ada yang salah dari berbuat baik loh. Walaupun kamu berpikir hal-hal di atas bisa merugikan kamu, justru kebalikannya. Nggak percaya? Coba deh kamu resapi beberapa hal di bawah ini:

Kamu Nggak Bakal Rugi

Waktu
Biasanya yang bikin kita malas atau mikir-mikir untuk berbuat baik tuh ya pikiran-pikiran kalau kita bakal merugi. Sejujurnya, kamu nggak bakal rugi apa-apa loh dari perbuatan baik kamu.

Waktu yang kamu habiskan untuk menolong seseorang nggak bakal bikin kamu rugi. Ilmu yang kamu bagikan ke teman nggak bakal bikin kamu jadi kurang pintar. Begitu juga dengan uang yang kamu berikan pada orang yang membutuhkan, justru akan memperlancar rezeki kamu.

Senang Melihat Orang Lain Bahagia
Kalau kamu perhatiin, setiap kamu melakukan sebuah perbuatan baik, pasti bakal mendapat balasan yang setimpal secara langsung atau nggak langsung. Yang paling sederhana, orang yang kamu bantu pasti bakal bilang “Terima kasih”. Coba kamu perhatiin wajah dari orang itu, berkat pertolongan kamu, wajahnya sekarang sudah jauh lebih bahagia. Mungkin kamu baru saja menyelamatkan hari seseorang.

Bikin Hati Jadi Lega

Bahagia
Dari tujuh hari dalam seminggu, pasti ada aja deh hari di mana kayaknya semua hal tuh berjalan nggak sesuai rencana kamu. Dimulai dari masalah kerjaan, masalah percintaan, hingga masalah kecil yang bikin tambah bete. Dengan sedikit berbuat baik kepada orang lain, kamu bisa membuka sedikit kebahagiaan dan bikin hati kamu agak lega. Nggak percaya? Cobain deh.

You Pay It Forward
Coba kamu bayangin, kalau setiap orang yang kamu bantu, ngerasa berutang budi, dan membalasnya bukan ke kamu, tapi justru ke orang lain? Konsep ini namanya Pay It Forward. Setiap kebaikan yang kamu terima, harus kamu teruskan ke orang lain. Jika kamu sukses melakukan ini setiap hari, percaya deh, niscaya dunia ini bakal jadi lebih baik.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×