Tips and Tricks

Berbagai Alat Fitness Freeweight Untuk Pemula

0 Komentar

Saat berada di dalam gym pertama kali, kamu pastinya akan merasa bingung melihat alat-alat yang banyak sekali ragam dan jumlahnya. Padahal bagi orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, gym menjadi sarana yang tepat untuk berolahraga agar terhindar dari asap kendaraan yang lalu lalang. Pilihan lainnya adalah dengan membeli sendiri alat fitnes untuk digunakan di rumah. Akan tetapi harga alat fitness yang relatif mahal, membuat banyak orang untuk berpikir masak-masak sebelum membelinya.

Salah satu jenis alat fitnes yang paling mudah untuk dipakai dan relatif murah adalah freeweight. Disebut freewight karena alat-alat fitnes jenis ini berupa beban yang dapat digerakkan secara bebas, tidak terikat pada kabel ataupun benda lainnya. Latihan menggunakan alat fitnes freewight memiliki beberapa keuntungan antara lain :

  • Sangat efisien karena dapat digunakan untuk berbagai macam variasi latihan.
  • Dapat meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Dapat membakar banyak kalori.
  • Dapat meningkatkan kekuatan fisik.
  • Harga alat fitnes jenis ini relatif lebih murah dibandingkan yang lainnya.
  • Ukurannya yang kecil bisa diletakkan di mana saja.

Macam-macam alat yang termasuk dalam kategory freewight:

Dumbbell
Dumbbell
  1. Dumbbell

Dumbbell adalah alat fitnes dasar. Berbentuk 2 buah beban yang tersambung oleh batang besi pendek. Di gym, kamu akan melihat banyak dumbbell dengan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh berat beban yang terpasang. Alat ini sangat praktis karena dapat kamu bawa ke manapun dan tidak membutuhkan ruangan yang luas saat digunakan. Selain itu, dumbbell dapat digunakan untuk variasi gerakan fitnes yang tidak terbatas. Latihan dengan dumbbell tidak mengisolasi otot tertentu sehingga dapat mencegah pertumbuhan otot yang tidak sinkron dengan otot pendukungnya. Harga dumbbell tergolong murah dibandingkan dengan alat freeweight lainnya.

  1. Barbell

Barbell adalah versi besar dari dumbbell. Alat ini dihubungkan dengan batang besi yang lebih panjang dan pada umumnya. Beban pada kedua sisinya dapat dibongkar pasang untuk mengatur beban sesuai dengan kemampuan penggunanya. Tidak seperti dumbbell yang dapat digunakan dengan hanya satu tangan, barbell adalah alat yang harus digunakan dengan dua tangan. Alat ini dapat membuat otot bagian kanan dan kiri berkembang dengan seimbang.

Weight Bar
Weight Plates
  1. Weight Plates

Alat ini berbentuk cakram dari logam. Dapat digunakan untuk dua hal yaitu digunakan sendiri untuk latihan atau digunakan sebagai beban tambahan untuk alat lainnya.

  1. Kettlebells

Kettlebells adalah alat fitnes yang berbentuk bola dan memiliki pegangan serta terbuat dari besi. Alat ini digunakan untuk melakukan gerakan mengangkat, mengayun, serta mendorong yang akan mendukung kamu berlatih pengendalian gerakan. Berat kettlebell bervariasi, mulai dari 4 kg sampai 79 kg.

Medicine Ball
Medicine Ball
  1. Medicine Ball

Medicine ball adalah berupa bola karet yang lentur. Alat ini memiliki bobot yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kemampuan latihan seseorang. Medicine ball berguna untuk meningkatkan jumlah variasi dan intensitas latihan pada umumnya.

  1. Weighted Bars

Weighted bars adalah sebuah batang besi yang memiliki pemberat di setiap sisinya. Alat ini digunakan untuk meningkatkan berat tubuh kamu saat melakukan latihan standar seperti sit up, lunge, dan lain-lain.

Curl Bar
Curl Bar
  1. Curl Bar

Alat ini digunakan untuk melatih bicep dan trisep. Bentuk dari curl bar yang unik dapat digunakan untuk melatih otot-otot tertentu. Hal ini tergantung dari sudut mana kamu memegangnya. Alat ini dapat digunakan untuk macam-macam variasi angkat beban, sehingga dapat menghilangkan stres pada otot.

  1. Tricep Bar

Tricep bar memiliki fungsi yang sama seperti seperti curl bar. Alat ini dapat digunakan untuk bermacam-macam gerakan angkat beban.  Kamu dapat melatih otot kamu dari sudut yang berbeda-beda, serta dapat mengurangi stres pada otot pergelangan tangan.

  1. Adjustable Body Weight

Alat fitnes adjustable body weight digunakan untuk menambah beban tubuh kita. Alat ini terdiri dari pemberat yang ditempelkan pada tubuh, yakni di badan, pergelangan tangan dan kaki, sabuk, serta punggung tangan. Adjustable body weight ini umumnya digunakan oleh orang-orang yang melakukan body weight training, yaitu latihan tanpa menggunakan beban (mengandalkan tubuh sendiri). Selain dumbbell, harga alat fitnes satu ini juga lebih murah dibandingkan alat freeweight lainnya.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×