Info Leasing

Berapa Lama Tenor Ideal Untuk Kredit Mobil?

0 Komentar

Sejumlah merek otomotif yang menggandeng perusahaan pembiayaan, memberikan program-program menggiurkan mulai dari bunga rendah, angsuran ringan, sampai tenor dengan jangka waktu panjang.

Nah, dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan pembiayaan memberikan kredit mobil dengan tenor sampai tujuh tahun, dengan anggapan program ini mampu menggaet lebih banyak konsumen.

Namun OLXer sendiri harus tahu, sebenarnya cicilan perbulan dengan jangka waktu yang lama itu memang menguntungkan atau tidak?

Nah, menyoal tenor panjang, Direktur Pemasaran Mandiri Tunas Finance Harjanto Tjitohardjojo mengatakan, meski ada pilihan tenor sampai tujuh tahun, tapi idealnya adalah 3-4 tahun.

“Karena biasanya gini, lihat usia kendaraan. Kendaraan itu kalau dijual lagi paling bagus di usia 3-4 tahun. Kalau lewat dari itu (lebih dari 4 tahun) harganya jadi jauh (jadi lebih murah),” ungkap Harjanto saat ditemui beberapa waktu lalu.

Biasanya OLXer, mobil dengan usia pemakaian lebih dari lima tahun, kondisinya tak lagi mulus. Belum lagi, sejumlah brand saat ini sudah banyak mengeluarkan generasi baru di tahun ke lima atu ke enam. Karena itu, harga jualnya akan jauh.

Lantas bagaimana dengan mobil usia muda atau baru satu tahun pemakaian kemudian dijual kembali?

Kata Harjanto hal tersebut biasanya akan membuat harga mobil ikut terjun. Karena itu, Harjanto menyarankan, ada baiknya mencicil mobil yang baik agar tak terlalu rugi yaitu dengan tenor 3-4 tahun.

Hanya saja, jika melakukan kredit mobil ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti kemampuan untuk membayar, mulai dari biaya untuk uang muka atau down payment (DP), serta berapa besar bunga yang ditetapkan. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×