Trends

Berapa Lama Sih Bikin Sertifikat Apartemen?

2 Komentar

Apartemen

Beberapa waktu belakangan ini kita dikejutkan dengan kasus tak kunjung hadirnya sertifikat apartemen. Ada begitu banyak yang mengeluhkan begitu lamanya proses sertifikat untuk sampai ke tangan konsumen, padahal mereka telah menempati apartemennya selama dua tahun lebih.

Segitu lamanya kah proses sertifikat? Menurut Istar Pakaja, Portfolio Manager Divisi Real Estate Management Service PT Colliers International, proses pembuatan sertipikat memang tidak bisa ditentukan secara pasti. “Mengenai berapa lama jangka waktu sertifikat bisa selesai ini merupakan domainnya pemerintah. Dalam hal ini kantor Badan Pertanahan Negara atau Agraria yang bisa menentukan jangka waktunya karena administrasi dan dokumen,” jelasnya.

Istar juga mengungkapkan bahwa ada dua syarat yang harus dipenuhi oleh pihak developer sebelum mengajukan pemecahan sertipikat. Yaitu, Uraian Pertelaan bersama Akta Pemisahan, serta sertifikat laik fungsi (SLF). Kedua persyaratan tersebut berada di kewenangan Gubernur (khusus DKI) dan Walikota / Bupati (di luar wilayah DKI).

Meskipun dalam proses pembuatan sertifikat ini banyak porsinya berada di pihak kemerintah dan developer, namun konsumen juga punya hak menuntut jika memang ada pelanggaran. “Konsumen dapat melaporkan kepihak yang berwajib jika developer telah melakukan kesalahan sehingga mengakibatkan persyaratan untuk mengajukan pemecahan sertifikat tidak dapat dipenuhi,” ungkapnya.

Untuk mengurangi kerepotan pengurusan sertifikat, ada baiknya kamu langsung menyasar apartemen yang telah lengkap berkas-berkasnya. Kamu bisa mulai cari dari OLX. Lihat apartemen yang telah bersertifikat di sini.

  • Reza Andy’s

    memang benar kendala utama memiliki apartemen dgn sertipikat ST, lama … belum lagi persoalan pembentukan P3RS yg terlalu banyak intrik kepentingan.. seharusnya pemerintah bisa turun langsung mengawasi sampai selesai…

  • Begitu ya..

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×