Mobil Baru

Beli Mobil Saat Masa Pemilu Waktu yang Tepat atau Tidak ?

0 Komentar

Tahun ini Indonesia akan merayakan pesta rakyat untuk memilih presiden dan wakilnya selama untuk lima tahun kedepan. Hal ini juga disebutkan bahwa tahun 2019 disebut sebagai tahun Pemilu (Pemilihan Umum).

Tak hanya memilih orang nomor satu dan dua di Indonesia, pemilu kali ini juga akan memilih wakil rakyat untuk duduk menyuarakan aspirasi rakyat sebagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Senayan.

Nah bicara soal pemilu, banyak yang mengatakan hal tersebut akan mempengaruhi perekonomian, khususnya sektor otomotif.

Lantas apakah dengan masuk masa pemilu adalah waktu yang tepat atau tidak untuk beli mobil, karena penjualan mobil di Indonesia ketika pemilu kerap mengalami penurunan?

Menanggapi hal tersebut, Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan mengatakan masih normal, dalam artian sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

“Dulu-dulu mungkin langsung signifikan, baik (penjualan) turun maupun naik. Bisa naik tibat-tiba karena banyak pembelian oleh partai-partai baik yang kecil maupun partai besar,” ungkap Martogi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Namun Martogi juga menyatakan, saat pemilu sebelum-sebelumnya, penjualan otomotif bisa saja langsung merosot tajam, lantaran kosumen khawatir. Akan tetapi, setelah pemilu selesai, pembelian mobil kembali bangkit.

“Tapi khusus untuk tahun ini, kami lihat tidak akan ada pembelian yang cukup besar tiba-tiba, ataupun pembelian yang ngerem tiba-tiba. Jadi normal saja. Pola yang dahulu tidak ada,” terangnya.

Sebaliknya, Martogi mengatakan, karena pemilu jatuh pada pertengahan April, kemudian menyusul jelang liburan dan lebaran, maka hal itu justru akan berdampak pada melonjaknya penjualan.

“Sehingga kami tetap optimis prepare stok nya menuju ke kondisi lebaran. Tapi tidak special kita menurunkan atau menaikan (penjualan) jelang pemilu atau tidak. Pemilu tidak signifikan turun ataupun naik juga,” tuturnya.

Nah, begitulah OLXer menurut pihak Toyota, jadi sebenarnya bukan tepat atau tidak. Bahkan pada dasarnya tak ada masalah berarti jika Anda membeli mobil saat pemilu. Perusahaan otomotif sendiri tak khawatir.

Toh kalau beli ketika waktu mepet pemilu kali ini, maka hal itu justru akan mempercepat OLXer mendapatkan mobil untuk pergi liburan sekolah atau mudik lebaran. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×