Tips and Tricks

Barang-barang yang Diperlukan untuk Memelihara Kucing Persia

0 Komentar

Harga jual kucing persia yang mahal membuat banyak orang menjadikan hewan saat ini sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Kucing jenis persia adalah kucing berpenampilan imut dengan bentuk tubuh yang besar dan padat, kepala besar dan bulat, serta ditutupi bulu yang tebal. Telinganya berujung bulat dengan bagian dasar yang melebar, tidak terlalu tinggi, serta miring ke depan. Ciri khas kucing persia yang paling terlihat adalah hidungnya yang pesek. Banyak orang yang meyakini bahwa kucing persia merupakan ras kucing tertua di dunia.

Memelihara binatang bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi jika kamu memutuskan untuk memelihara kucing jenis persia. Harga jual kucing persia yang tergolong tinggi termasuk wajar jika dibandingkan dengan pemeliharannya. Sebelum memutuskan untuk membeli kucing persia, sebaiknya kamu melengkapi barang-barang berikut ini terlebih dahulu :

  1. Makanan

Perhatikan label makanan sebelum kamu membeli makanan kucing. Kucing yang masih kecil tentu membutuhkan jenis makanan yang khusus dan berbeda dengan kucing dewasa. Untuk kucing kecil atau kitten, makanan yang cocok adalah makanan berlabel kitten (kucing kecil). Kandungan nutrisi tiap-tiap makanan kucing kecil juga berbeda-beda, tergantung mereknya.

  1. Takaran makanan

Kucing2

Memberi makanan kucing harus menggunakan takaran. Kamu pastinya tidak mau kan kalai sampai kucingmu kurus atau terlalu gendut?Takaran makanan ini berfungsi untuk mengambil makanan. Tapi jika kamu memang tidak memiliki budget yang banyak, kamu bisa menggantinya dengan sendok plastik biasa.

  1. Tempat makan dan minum

Tempat makan dan minum kucing bisa dibeli secara terpisah, tapi ada juga yang menjual tempat makan dan minum dalam satu wadah dengan lubang yang berbeda. Tempat yang seperti ini lebih efisien dan menghemat ruang saat diletakkan di dalam kandang.

  1. Bak pasir

Bak pasir digunakan untuk menampung pasir untuk kucing. Bak ini disediakan untuk toilet bagi kucing saat buang air kecil dan buang air besar.

  1. Pasir

Pasir kucing memiliki banyak sekali jenis, ada yang biasa dan ada juga yang khusus. Akan lebih baik jika kamu membeli pasir khusus dengan aroma wangi. Pasir khusus seperti ini mempunyai fungsi tersendiri, selain memberikan bau wangi, pasir akan menggumpal saat terkena kotoran kucing. Dengan begini, akan lebih mudah bagi kamu untuk membuang kotoran kucing dari dalam pasir.

  1. Serokan pasir

Serokan pasir berfungsi untuk mengambil kotoran kucing yang sudah menggumpal di bak pasir. Alat ini akan sangat memudahkan kamu dalam membersihkan tempat kucing buang air.

  1. Sampoo

Kucing3

Layaknya manusia, kucing juga membutuhkan sampoo untuk mandi. Shampoo kucing biasanya dipakai seminggu sekali. Bagi kamu yang belum berpengalaman memandikan kucing, bisa memanggil jasa pet grooming ke rumah.

  1. Baby oil dan kapas

Baby oil dan kapas digunakan untuk membersihkan telinga kucing. Jika kamu tidak ingin kucing kamu sakit atau terkena virus bakteri, rajin-rajinlah membersihkan telinganya. Bila perlu, bawa kucing kamu ke dokter hewan setiap 3 bulan sekali untuk mengecek kesehatannya.

  1. Vitamin

Makanan dan minuman saja tidak cukup jika kamu ingin memiliki kucing yang sehat. Beli vitamin khusus untuk kucing agar bulunya lebat dan indah, serta tidak mudah rontok. Jika ragu harus membeli vitamin kucing yang seperti apa, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan.

Kucing jenis persia memiliki bulu yang lebat, sehingga kamu harus lebih ekstra rajin dalam memeliharanya. Salah dalam memeilihara tidak hanya bisa membuat bulunya rontok, tapi bahkan bisa membuat kucing persia kamu sakit.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×