Sampai saat ini, asal usul secara pasti batu akik merah delima masih belum diketahui. Berbagai ahli spiritual dan juga ahli geologi memiliki pendapat yang berbeda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

RM. WAP. Diponegoro (spiritualis asal Yogyakarta)

Batu merah delima berasal dari biji buah delima yang membatu. Pendapat ini didasarkan pada temuan beberapa fosil biji delima yang membatu dan ternyata fosil tersebut merupakan batu akik ruby. Meski begitu, tidak semua batu merah delima memiliki kekuatan spiritual. Kekuatan spiritual batu merah delima asli tergantung dari seberapa tua umur fosil biji tersebut. Batu merah delima yang asli sangat sulit didapat karena jumlahnya yang sangat terbatas. Para penguasa pada zaman kerajaan Hindu-Budha seperti Patih Gajah Mada, Joko Tingkir, dan Prabu Airlangga memiliki batu merah delima yang asli.

Gus Simon (Pengasuh salah satu Pondok Pesantren di Surabaya)

Batu merah delima mulai ada sejak zaman Nabi Sulaiman a.s. Batu ini dikaruniakan oleh Allah SWT langsung kepada Nabi Sulaiman, dan kemudian oleh nabi diberikan kepada istri yang sangat dicintainya yaitu Ratu Balqis. Namun, di tangan Ratu Balqis batu ini menghilang di tengah perjalanan. Sejak saat itulah batu yang hilang ini dicari banyak orang karena dipercaya mampu meningkatkan kewibawaan seseorang.

Kepercayaan orang-orang Myanmar

Masyarakat Myanmar mengatakan bahwa batu ruby berasal dari sebuah bukit yang terletak di kawasan pertambangan Mogok. Pada sekitar abad ke 6 Masehi, di kawasan tersebut pernah ditemukan sebuah bongkahan batu merah delima asli berukuran sangat besar dengan total berat 32 kg. Penambangan batu ruby di kawasan itu masih terus dilakukan hingga sekarang. Batu-batu ini tergolong batu merah delima semi asli. Hal ini karena batu-batu tersebut tidak memiliki kekuatan spiritual seperti batu delima pada umumnya.

Seperti halnya jenis batu akik lainnya, batu akik merah delima juga memiliki banyak tiruan. Agar tidak tertipu, ada baiknya kamu mengetahui beberapa ciri batu akik merah delima yang asli :

  • Tidak besar. Batu merah delima yang asli hanya kecil seukuran biji delima. Jika berukuran besar, maka bisa dipastikan bahwa batu tersebut palsu.
  • Tidak ada gelembung dan kristal pada warna merah yang terdapat di dalam batu akik merah delima yang asli. Warna merahnya juga pekat.
  • Rendam batu cincin merah delima di dalam segelas air. Air rendaman akan berubah menjadi merah. Perhatikan batu akik tersebut selama 1 bulan, dan perhatikan warna merah pada batu. Batu akik merah delima yang asli tidak akan luntur warnanya. Sedangkan yang palsu memiliki kandungan fosfor dan akan berkurang saat direndam lama.
  • Gelas tempat merendam batu merah delima tidak akan pecah jika ditembak ataupun disilet.
  • Batu akik merah delima memiliki 6 ster saat disorot, memiliki tingkat kekerasan dengan indeks 9, serta berbentuk bulat oval.
Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×