Trends

Asal-Muasal Batu Permata

0 Komentar

Banyak yang hampir lupa kalau batu permata adalah sebuah mineral yang terbentuk dari hasil proses geologi. Unsur-unsur yang terkandung dalam batu permata, terdiri dari satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi. Untuk dijadikan sebagai perhiasan, batu permata harus melewati berbagai macam tahap pemolesan.

Tidak semua tempat di belahan dunia dapat menghasilkan batu permata. Untuk bisa disebut sebagai sebuah batu permata, batu tersebut harus memenuhi beberapa syarat . Di antaranya adalah memiliki ketahanan, keindahan, dan kelangkaan. Di Indonesia sendiri, ada banyak daerah yang menghasilkan berbagai macam batu permata yang populer. Harga batu permata itu sendiri beraneka ragam, tergantung dari jenis dan juga kualitasnya. Berikut ini adalah beberapa batu permata yang paling terkenal di dunia.

  • Mutiara

Permata mutiara fin

Mutiara adalah jenis batu permata yang diproduksi di dalam jaringan lunak moluska hidup (kerang). Seperti cangkang moluska, mutiara juga terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang bagus dan bernilai tinggi adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus. Namun ada juga mutiara dengan berbagai macam bentuk yang lain.

Mutiara terbagi menjadi dua, yaitu mutiara laut dan mutiara air tawar. Mutiara laut memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada mutiara air tawar. Mutiara air tawar sering disebut sebagai mutiara imitasi karena kualitasnya yang jelek. Hal ini karena mutiara air tawar terbentuk dengan waktu yang singkat dan dibudidayakan, berbeda dengan mutiara laut yang terbentuk alami dan membutuhkan waktu yang lama. Selain dijadikan perhiasan, mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan sebagai campuran dalam kosmetik, obat-obatan, dan juga formula cat.

 

  • Intan

Permata intan fin

Intan adalah jenis batu permata yang secara kimia berbentuk kristal atau alotrop. Intan terkenal karena memiliki sifat fisika yang istimewa, yaitu bertekstur keras dan mampu mendispersikan cahaya. Intan yang telah diasah disebut dengan berlian dan sering dijadikan sebagai hiasan pada perhiasan. Harga batu permata jenis ini sangat tinggi saat sudah menjadi berlian dan diletakkan pada perhiasan.

 

  • Giok

Permata giok fin

Giok atau jade adalah jenis batu permata hijau yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral. Giok telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Sampai pada saat ini, batu giok banyak berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor. Banyak orang yang juga percaya bahwa giok berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan, kesehatan, dan keselamatan.

 

  • Zamrud

Permata zamrud fin

Zamrud adalah batu permata yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk dalam mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya dihasilkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium inilah yang menghasilkan warna hijau pada batu tersebut. Zamrud asli sudah sangat jarang dan sulit ditemukan. Karena itulah sekarang ini banyak orang yang memoles batu beryl dengan minyak hijau agar terlihat seperti zamrud.

 

  • Rubi

Permata ruby fin

Rubi adalah batu permata berwarna merah, mulai dari warna merah muda sampai dengan merah darah. Rubi merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida), dan warna merahnya dihasilkan oleh kromium. Rubi alami sangat jarang ditemukan, tetapi rubi buatan  sudah dapat diproduksi dengan harga yang cukup murah. Rubi juga dianggap sebagai salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan.

Harga batu permata yang satu ini ditentukan oleh warna dan kejernihannya. Warna merah yang paling berkilau memiliki nilai yang paling tinggi dan paling berharga dibandingkan rubi lain dengan mutu yang sama. Selain itu, batu rubi yang jernih juga memiliki nilai yang tinggi.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×