Trends

Apa Guna Dual Camera Pada Smartphone Kamu?

0 Komentar

Kalian pasti udah tau fitur dual camera yang lagi booming saat ini. Tapi sebenarnya, fitur dual camera ini bukan fitur yang baru. Sebelum iPhone 8 Plus, Samsung Galaxy Note 8, LG V30 dan Xiaomi A1, beberapa gawai yang menerapkan fitur ini antara lain iPhone 7 Plus, LG G6 dan V20, HTC One M8, dan beberapa gawai lainnya.

Bahkan Samsung sudah menerapkan fitur ini pada model Samsung SCH-B710 pada April 2007. Namun sebelum kita membahas fitur ini lebih lanjut, apa sih sebenarnya fitur dual camera ini?

Fitur dual camera adalah fitur di mana pengguna dapat menggunakan dua kamera secara bersamaan untuk mengambil sebuah gambar. Biasanya kedua kamera tersebut terletak pada sisi yang sama, misalnya sebelah belakang gawai. Kedua kamera ini biasanya memiliki fungsi saling melengkapi, misalnya wide-angle dan telephoto. Hal ini dikarenakan kombinasi keduanya ditambah dengan kemampuan image processing yang mumpuni dapat menghasilkan sebuah gambar yang tidak dapat dihasilkan dengan single camera.

Sebagai contoh, pada iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note 8 kedua kamera digunakan untuk mendapatkan foto portrait dengan latar belakang yang samar (dalam istilah fotografi disebut sebagai bokeh). Pada kedua gawai tersebut, kamera dengan lensa telephoto digunakan untuk mengambil foto obyek utama yang tampak fokus, sementara kamera dengan lensa wide-angle digunakan untuk mendapatkan latar belakang yang samar sehingga ketika digabungkan akan menghasilkan foto portrait seperti yang dihasilkan jika menggunakan kamera DSLR profesional.

KameraGanda2

Lalu, apakah fitur ini memang sesuatu yang berguna atau hanya sekadar gimmick? Hal ini sebenarnya kembali lagi kepada kamu sebagai pengguna fitur tersebut, apakah kamu adalah orang yang senang menggunakan kamera di smartphone kamu dan untuk apa kamu menggunakannya.

Jika kamu senang mengambil foto portrait dengan latar bokeh, maka iPhone 8 Plus atau Samsung Galaxy Note 8 dapat kamu andalkan. Jika kamu senang mengambil foto group selfie, LG V20 punya fitur yang memungkinkan kamu untuk mengambil foto dengan angle lebar hingga 120 derajat yang dapat memuat teman-teman kamu lebih banyak.

Jangan takut dengan kualitasnya, karena beberapa fotografer profesional bahkan sudah mulai menggunakan smartphone mereka sebagai kamera utama ketika bekerja.

Jadi tunggu apa lagi? Cari smartphone idamanmu di OLX sekarang.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×