Tips and Tricks

Aksesoris Wajib di Mobil Keluarga

0 Komentar

Perjalanan menggunakan mobil pribadi bersama keluarga akan terasa menyenangkan jika kondisi kendaraan prima. Namun itu saja tidak cukup, penambahan aksesoris pada kabin bisa membuat Anda dan anggota keluarga, terutama anak-anak tidak mudah bosan di jalan, apalagi jika perjalanan yang ditempuh memakan waktu lama.

Berikut ini daftar aksesoris mobil yang bisa Anda pasang untuk menambah kenyamanan dan hiburan pada mobil keluarga Anda:

1. Sistem Hiburan
Ada berbagai jenis sistem hiburan yang bisa Anda pilih untuk dipasang sebagai tambahan pada mobil. Namun perlu diingat, sistem hiburan yang baik tidak boleh mengurangi aspek keamanan berkendara. Ada beberapa pilihan sistem hiburan seperti layar multimedia yang dilengkapi pemutar cakram DVD. Pilihlah sistem hiburan yang terpasang pada headrest jok depan. Dibandingkan layar multimedia yang dipasang di atap tengah kabin, model ini lebih aman karena tidak mengurangi pandangan pengemudi ke belakang.

Konsultasikan pemasangan sistem hiburan tambahan pada bengkel kepercayaan Anda. Karena dengan tambahan perangkat elektronik maka daya yang dibutuhkan akan lebih besar. Pastikan baterai mobil Anda berkapasitas cukup untuk peralatan elektronik tambahan.

2. Soket Pengisi Daya
Jika Anda tidak memiliki cukup dana untuk memasang perangkat hiburan tambahan, maka keberadaan soket pengisi daya peralatan elektronik wajib ada di mobil Anda. Soket ini sangat bermanfaat terutama saat kondisi jalanan macet. Aneka gadget yang Anda akan tetap terisi baterainya dengan alat ini. Dengan begitu, buah hati Anda bisa anteng menonton film kartun kesukaan mereka atau bermain game di perjalanan. Soket charger juga menjamin perangkat ponsel anda terisi penuh sehingga komunikasi tetap lancar.

shutterstock_109817054

Ada beberapa jenis soket multifungsi, mulai dari yang menggunakan slot USB sampai yang memakai kabel colokan adaptor. Biasanya, perangkat ini dipasang pada komponen pemantik yang ada di dashboard mobil. Bahkan di beberapa mobil terbaru fasilitas pengisi daya ini sudah menjadi bawaan pabrik. Pilih soket pengisi daya berlabel SNI untuk menjamin keamanannya dari kontak arus pendek (korsleting).

3. Bantal

shutterstock_10030375
Seringkali kita menganggap sepele keberadaan benda satu ini. Padahal bantal sangat berguna di kendaraan, terutama untuk perjalanan jauh. Posisi jok mobil yang kaku akan membuat badan mudah letih. Penumpang anak-anak pun biasanya mudah terlelap jika melakukan perjalanan ke luar kota. Keberadaan bantal sangat berguna untuk membantu penumpang beristirahat. Kini banyak pengrajin bantal khusus mobil yang menjual produknya dengan desain cantik.

4. Tempat Sampah

shutterstock_101195056
Ini juga perlengkapan yang kerap dilupakan pemilik mobil. Keberadaan tempat sampah akan memudahkan kita membuang bungkus makanan dan minuman di perjalanan, dan membuat kabin mobil lebih bersih. Perlu diingat, serangga kecil seperti lalat, semut, bahkan kecoa bisa saja bersarang di dalam mobil jika banyak sampah. Karena itu selalu bersihkan tempat sampah mobil secara rutin.

5. Pewangi Ruangan

shutterstock_353129837
Komponen kabin mobil yang sebagian besar berbahan plastik bisa menimbulkan aroma tak sedap jika mobil terjemur matahari dalam waktu lama. Gunakan pewangi ruangan beraroma buah-buahan yang segar untuk membuat kabin lebih nyaman. Pilih aroma pewangi yang lembut, karena jika terlalu kuat malah akan membuat Anda dan penumpang pusing.

Tips Tambahan:
Meski banyak pilihan aksesoris mobil, namun tidak semuanya memenuhi unsur keselamatan. Utamakan selalu keamanan dan kenyamanan berkendara. Berikut tips menata kabin kendaraan agar tetap aman dan nyaman:

– Jangan letakkan benda (hiasan) yang mudah jatuh atau terlepas pada dashboard. Ketika mobil melalui jalanan bergelombang, benda pada dashboard bisa jatuh ke kolong, sehingga mengganggu konsentrasi mengemudi. Lebih berbahaya lagi, jika terjadi benturan benda-benda ini bisa terlempar dan melukai penumpang.

– Jangan gunakan karpet yang terlalu tebal. Mungkin Anda ingin membuat mobil lebih nyaman dengan karpet tebal. Namun benda semacam ini bisa mengganggu kinerja mobil, terutama pada bagian pengemudi karena fungsi pedal gas, rem, dan kopling akan terganjal.

– Jangan menggantungkan terlalu banyak benda pada kaca spion tengah. Selain menimbulkan suara bising, gantungan pada kaca spion tengah juga akan mengurangi pandangan pengemudi dan mengganggu konsentrasi berkendara.

– Hindari aksesoris audio berlebih. Mobil dengan perangkat audio berkekuatan besar hanya cocok untuk kontes modifikasi. Untuk keperluan sehari-hari, cukup gunakan perangkat audio bawaan pabrik. Suara musik yang terlalu kencang membuat Anda tidak bisa mendengarkan suara dari luar kendaraan dan tidak baik buat kesehatan telinga.

Comments are closed.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×