Tips and Tricks

Aksesori Motor yang Berguna Saat Hujan

0 Komentar

Memasuki bulan April seharusnya cuaca mulai memasuki musim kemarau. Namun, di beberapa tempat di Indonesia, rintik hujan terkadang masih mengguyur jalanan secara tiba-tiba.

Genangan air dan jalan yang licin akibat hujan tentu menimbulkan risiko saat berkendara, khususnya bagi para bikers atau pengendara sepeda motor. Untuk itu, pemilik kendaraan roda dua sebaiknya mempersiapkan peralatan tambahan di saat musim hujan. Tujuannya, agar perjalanan menjadi jauh lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas, apa saja aksesori dan perlengkapan motor yang berguna saat cuaca hujan? Berikut ulasannya.

1. Pilih Ban
Ban merupakan bagian penting dari sebuah motor. Bentuk dan tekstur ban tertentu sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Jika Anda sering melewati jalan yang cenderung basah dan licin, coba pilih ban berkompon medium. Gunakan ban dengan kembang sejajar satu arah agar dapat memecah genangan air saat hujan.

2. Helm Full Face

800-BermotorHujan1
Helm merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus digunakan para bikers saat menerobos jalanan. Di saat cuaca hujan, helm yang menutup seluruh wajah atau full face merupakan jenis yang paling ideal. Pasalnya, saat berkendara wajah dan mata Anda tidak akan terganggu oleh siraman air hujan. Jangan lupa untuk membeli helm yang dilengkapi dengan logo Standar Nasional Indonesia (SNI) demi keselamatan.

3. Boks Bagasi
Salah satu aksesori yang berguna saat musim hujan adalah boks bagasi. Boks yang dipasang di bagian belakang jok tersebut tak hanya berfungsi sebagai wadah tambahan, tetapi dapat melindungi helm, tas, dan barang-barang lain dari guyuran air hujan. Pilih ukuran dan desain boks bagasi yang sesuai dengan tipe motor Anda supaya tampilan makin ciamik.

4. Spakbor

800-BermotorHujan2
Aksesori lain yang dapat melindungi motor dan pengendara saat hujan yaitu spakbor belakang (Rear Fender). Biasanya pada model-model tertentu, misalnya motor sport, spakbor tidak menutupi bagian belakang roda secara penuh sehingga cipratan air dapat mengenai punggung penumpang. Ada baiknya, Anda menambahkan atau mengganti spakbor belakang dengan model yang lebih panjang.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×