News from OLX

Airbag Takata di Mobil Honda Kembali ‘Makan’ Korban

0 Komentar

Perusahaan otomotif raksasa asal Jepang, Honda Motor Co kembali mengkonfirmasi korban meninggal ke-16 di Amerika terkait kerusakan inflator airbag merek Takata.

Konfirmasi ini sendiri diumumkan setelah inspeksi bersama dilakukan antara Honda dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) pada kasus kecelakaan Honda Civic lansiran 2002 yang terjadi pada bulan Juni 2018 lalu di Buckeye, Arizona, dan merenggut nyawa pengemudinya.

Setelah inspeksi kemudian didapati fakta bahwa terjadi cacat kerja di inflator airbag yang pada saat pecah ikut menerbangkan serpihan logam dan berakibat fatal.

Ini adalah kasus kematian ke-16 akibat cacat inflator kantung udara merek Takata. Dimana 14 kasus terjadi pada mobil Honda dan dua kasus lainnya terjadi pada mobil Ford.

Akibat kerusakan sistem airbag Takata ini juga yang akhirnya membuat Honda harus melakukan recall terbesar sepanjang sejarah di Amerika Serikat.

Sebelum kasus kematian di Buckeye, Arizona, juga dilaporkan ada kasus kematian serupa yang menimpa wanita Florida berusia 34 tahun pada Juli 2017.

Dilansir dari Reuters, lebih dari 290 kasus cedera di seluruh dunia dikaitkan dengan cacat inflator airbag merek Takata. Dan secara total sudah 19 produsen mobil harus melakukan recall akibat aplikasi 100 juta inflator yang berpotensi rusak.

Sementara Takata sendiri per Juni 2017 lalu sudah dinyatakan bangkrut.

Honda di Amerika Serikat sudah melakukan kampanye recall. Tetapi memang ada keterbatasan karena Honda tidak bisa menghubungi atau tidak mengetahui adanya perubahan kepemilikan sehingga tidak bisa mengirim pemberitahuan tersebut.

Korban Honda Civic di Buckeye, Arizona baru saja memiliki mobil sedan tersebut sekitar tiga bulan sebelum terjadinya kecelakaan yang akhirnya merenggut nyawanya. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×