Tips and Tricks

5 Tip Agar Foto Jualanmu Menarik

2 Komentar

Waktu itu kita sudah membahas mengenai mengidentifikasi dan mengumpulkan barang bekas yang masih bagus tapi tak lagi terpakai. Sekarang, saatnya untuk memfoto barang-barang tersebut. Pastikan hasil fotonya keren karena dalam berjualan online, gambar yang menarik akan sangat menentukan kepercayaan calon pembeli, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk yang diiklankan.

Bagaimana cara membuat foto produk Anda menarik perhatian calon pembeli? Simak poin-poin berikut ini, yuk.

1. Pengaturan Cahaya

shutterstock_225390790

Untuk hasil pemotretan maksimal, ada baiknya mencari tempat dengan pencahayaan yang terang. Kamu bisa lakukan pemotretan di ruang terbuka dan memanfaatkan cahaya matahari. Jika produk yang kamu jual tidak memungkinkan untuk melakukan pengambilan gambar di ruang terbuka, maka lakukanlah di ruangan yang memiliki pencahayaan terang benderang dari lampu dan sumber lain. Jika perlu, kamu dapat membuat studio sederhana di dalam rumah dengan menggunakan lampu pencahaayan yang memadai.

Hindari pengambilan foto pada malam hari. Soalnya selain pencahayaannya tidak memadai, pemotretan pada malam hari akan menimbulkan banyak bayangan yang mengurangi keindahan foto.

2. Pemilihan Background

shutterstock_115560229

Background atau latar belakang dengan warna polos atau netral adalah pilihan yang baik untuk latar belakang. Jika kamu memilih latar belakang dengan motif ramai, produk jualanmu tidak terekspos. Akibatnya, calon pembeli tidak fokus, dan produk yang kamu jual tidak menarik.

Hindari pula hiasan-hiasan berlebihan dalam foto, karena calon pembeli akan bingung sebenarnya produk apa yang dijual sebenarnya. Lebih baik pilihlah latar belakang dengan warna netral seperti hitam atau putih, atau warna lain yang terkesan kalem. Hiasan-hiasan untuk mendukung produk bisa ditambahkan namun jangan sampai terlalu banyak dan berlebihan. Pastikan juga background Anda terbebas dari tulisan atau tampilan yang kurang menyenangkan. Soalnya hal-hal tersebut akan mencuri fokus para calon pembeli dari produk yang ingin Anda tonjolkan.

3. Memilih Angle

shutterstock_350397551

Dalam berjualan online, bagaimana seseorang tertarik dan percaya terhadap suatu toko online sebagian besar dinilai dari gambar yang ditampilkan. Fotolah produk yang kamu jual dalam berbagai angle atau sudut. Hal ini juga untuk memberikan detail produk dari barang yang dijual, apakah dalam kondisi layak atau tidak. Selain itu, foto dalam angle yang beragam akan membuat gambar menjadi unik dan berbeda dari yang lain.

Oleh karena itu hindari langsung posting foto yang pertama yang Anda jepret. Fotolah produk jualan ANda beberapa kali, lalu pilih hasil foto yang terbaik.

4. Edit Foto

shutterstock_259160825

Selesai mengambil gambar, Anda boleh mengedit gambar-gambar produk Anda agar hasil maksimal. Anda bisa menambahkan ketajaman gambar, menambah kontras, menghaluskan gambar, menambah pixel untuk keperluan website, menggabungkan beberapa gambar, serta menambahkan watermark pada foto produkmu. Kamu bisa menggunakan foto editor Photoscape, Gimp, atau Adobe Photoshop untuk mengedit.

Tapi perhatikan juga, jangan terlalu banyak mengedit sampai foto tak lagi menampilkan wujud asli si barang. Selain itu edit foto yang berlebihan juga dapat mengubah warna asli produk di tampilan foto.

5. Menggunakan Model

shutterstock_217874881

Hal ini tidak harus kamu lakukan. Penggunaan model diakukan pada produk tertentu untuk mendapat gambaran produk ketika digunakan, seperti baju, celana, atau sepatu, misalnya. Penggunaan model bisa secara signifikan memberi perbedaan jika meminta suatu tokoh terkenal menggunakan produk kamu jual. Hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan meningkatnya penjualan.

Pastikan model Anda bertampang menarik dan berpenampilan bersih. Misalnya jika Anda menggunakan tangan model untuk foto produk gelang dan cincin, maka Anda harus memastikan lengan sampai kuku sang model bersih dan tidak ada bekas luka yang dapat mencuri fokus.

Anda juga dapat mempelajari lebih jauh mengenai teknik foto melalui smartphone dengan mengandalkan cahaya natural seperti berikut

Bagaimana, sudah tahu kan foto-foto seperti apa yang bisa membuat iklanmu semakin laku? Kalau kamu punya tip tambahan, boleh lho berbagi di kolom komentar. Jangan lupa pasang iklan di OLX.

ButtonPasangIklan

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×