News from OLX

7 Tips Mudik Ringan Bagi Pemilik Mobil Toyota

0 Komentar

Mudik bagi kebanyakan orang menjadi sebuah rutinitas tahunan yang harus dilakoni. Pulang kampung dengan membawa kendaraan pribadi masih jadi pilihan kebanyakan orang. Apalagi saat ini akses menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Ibukota Jakarta sudah semakin mudah dengan hadirnya Tol Trans Jawa.

Tapi tantangan mudik membawa kendaraan sendiri juga sangat besar. Kelelahan akibat perjalanan panjang, apalagi mudik masih di bulan Ramadan, berkendara jarak jauh sambil menjalankan ibadah puasa memang bukan hal yang mudah untuk dijalani.

Belum lagi harus terjebak di kemacetan maupun kepadatan akses keluar masuk rest area, semua menjadi momen yang harus dilewati sebelum bertemu keluarga.

Sekarang OLX Indonesia mau berbagi tips ringan nih biar OLXer bisa menjalani mudik aman dan nyaman pakai Toyota. Karena tips kali ini dibagikan langsung oleh Auto2000 sebagai salah satu diler terbesar Toyota di Indonesia.

Berikut merupakan tips mudik Auto2000 :

  • Istirahat yang Cukup

Mudik butuh kondisi fisik yang prima. Usahakan agar bisa tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum mudik supaya tubuh bugar. Jangan paksakan mengemudi jika merasa badan belum fit. Ini sangat berbahaya dan beresiko terkena serangan microsleep

Sebaiknya OLXer beristirahat setiap 2 jam sekali dan upayakan untuk tidur selama sekitar 30 menit di 2 jam kedua. Kalau mengemudi melewati waktu 6 jam, usahakan agar ada sopir pengganti untuk mengurangi keletihan.

Bagi OLXer pemilik kendaraan Toyota malah lebih mudah lagi, karena Auto2000 menyediakan Posko Siaga 24 Jam yang memiliki ragam fasilitas seperti ruang istirahat ber-AC untuk istirahat, area bermain anak, TV satelit, akses wifi, makanan ringan gratis, bahkan beberapa posko juga menyediakan layanan pijat untuk rileksasi. 

Ada juga sejumlah Bengkel Siaga 24 Jam yang bisa OLXer manfaatkan bila mobil mengalami masalah atau sekadar ingin melepas lelah dan menggunakan fasilitas toilet. 

  • Safety Driving

Selalu ingat bahwa OLXer berkendara bersama anggota keluarga tercinta. Gunakan kaidah mengemudi yang sesuai dengan aturan safety driving. Kendalikan emosi dan jangan melakukan tindakan yang membahayakan dan merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain. 

Jangan melakukan manuver berbahaya, menyerobot antrian, menyalip lewat bahu jalan, berjalan pelan di jalur kanan, mengemudi secara agresif, tidak mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas polisi, bahkan hingga melaju di arah berlawanan. Jangan terpancing emosi bila ada pengguna jalan berlaku tidak pantas.

  • Rencanakan Waktu Perjalanan

Mengandalkan peta digital, OLXer bisa memperhitungkan rute yang paling nyaman dan waktu perjalanan yang paling tepat, termasuk jalur alternatif kalau rute utama terjadi kemacetan panjang. Melakukan perjalanan mudik pada malam hari merupakan salah satu waktu paling banyak dipilih orang.

Jalur pantai selatan Jawa yang mulus dan penuh panorama pantai yang indah layak dicoba bila OLXer mau ganti suasana dari Tol Trans Jawa yang monoton.

  • Simpan Kontak Darurat

Jangan lupa juga untuk menyimpan kontak layanan darurat, khususnya bengkel resmi atau layanan derek. Untuk pengguna kendaraan Toyota sudah didukung layanan Emergency Road Assistance (ERA) dari AstraWorld jika mengalami masalah di jalan. 

  • Cek Asuransi

Yang juga jangan sampai terlewatkan adalah mengecek kembali polis asuransi mobil OLXer. Pastikan masa berlakunya belum habis saat mudik. Cek juga bentuk pertanggungan apa saja yang diganti. Kalau ragu, silakan bertanya ke call center asuransi tersebut.

  • Bikin Suasana Kabin Nyaman

Perjalanan mudik lebaran harus berjalan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Pastikan OLXer bisa mengatur peletakan barang agar tidak mengganggu ruang gerak penumpang. Atur pula kapasitas penumpang agar tidak melebihi ketentuan. 

Bawa makanan dan minuman yang memadai, terutama jika ada anak atau lansia. Siapkan sarana hiburan untuk segala usia, seperti playlist lagu top 40 atau film yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Saat kabin terasa nyaman, perjalanan mudik yang panjang tidak akan terasa melelahkan.

  • Perhitungkan BBM dan Saldo e-Toll

Bahan bakar yang selalu terisi penuh dan saldo e-toll cukup merupakan salah satu syarat agar OLXer dapat berkendara nyaman di jalan tol, khususnya Tol Trans Jawa. Sebaiknya isi penuh bensin sebelum masuk tol dan jangan mengandalkan pom bensin di rest area kecuali terpaksa. 

Siapkan 2 kartu e-toll, isi dengan saldo yang cukup, dan letakkan di tempat yang mudah diraih.

Semoga perjalanan mudik OLXer tahun ini diberi kelancaran dan tidak menemui satu hambatan apapun sehingga sampai di tujuan dengan aman dan selamat. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×