News from OLX

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jelang Mudik Lebaran

0 Komentar

Mudik Hari Raya Idul Fitri di depan mata. Nah, bagi OLXer yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran dengan mobil pribadi, ada baiknya mengecek berbagai persiapan sejak dini.

Tentu saja pengecekan ini dilakukan pada mobil yang akan digunakan untuk mudik lebaran, agar ketika waktu mudik terhindari dari masalah. Sebaliknya, mobil yang sudah diperiksa kondisinya akan lebih prima.

Nah, berdasarkan situs Achilles Radial, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk mobil yang digunakan mudik lebaran antara lain:

1. Cek mesin

Sebelum melakukan perjalanan panjang, ada baiknya selalu memeriksa kondisi mesin di bengkel. Jika memang diperlukan lakukan penyetelan atau penggantian pada mesin, seperti ganti oli, dan beberapa bagian lainnya.

2. Cek Water Cooler

Bagian yang satu ini ada dibagian radiator. Karena itu, periksa ketinggian water cooler agar cairannya tetap berada di atas level yang telah ditentukan.

Adapun, keberadaan water cooler ini mampu mendinginkan mesin, apalagi ketika mesin panas ketika macet, maka water cooler turut berperan aktif.

3. Cek sistem pengereman

Rem adalah bagian vital dalam sebuah kendaraan. Rem juga kerap bermasalah, termasuk ketika mobil melaju dengan cepat lalu secara tiba-tiba jadi melambat drastis. Belum lagi mobil bisa mengalami rem blong.

Maka dari itu, langkah yang harus dilakukan pemilik mobil sebelum muduk adalah melakukan pengecekan.

4. Cek ban

Bagian yang tak kalah penting dilakukan pengecekan yaitu pada ban. Pengecekan ban bisa melibatkan pemeriksaan tekanan ban, kondisi ban serep, serta tebal dan tipisnya sebuah ban.

Peran ban sangat penting karena dapat menjaga stabilitas mobil ketika melaju di jalan raya. Jika ban sudah tipis, maka ada baiknya dilakukan penggantian. Jangan dipaksa, jika itu terjadi bukan tak mungkin berpotensi meledak ketika dipacu di jalan raya.

5. Cek lampu-lampu

Bagian lampu-lampu perlu dilakukan pengecekan, mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu rem, lampu sein, dan lampu mundur.

Selain membantu penerangan jalan ketika mengemudi malam hari, lampu juga memberikan sinyal bagi pengendara lainnya.

6. Cek kondisi wiper

Kebaradaan wiper kerap kali dianggap sepele. Padahal, jika ketika mudik lebaran turun hujan lebar, maka karet pada wiper bisa menghapus air pada kaca sehingga visibilitas pengendara menjadi lebih jelas.

Sebaliknya, karet wiper wajib dicek atau perlu diganti, karena bisa saja meleleh usai terpapar matahari. Jika karet wiper bermasalah, maka fungsi menghapus air di jendela akan tidak berfungsi.

7. Periksa surat-surat

Tak hanya komponen pada mobil, sebelum mudik lebaran ada baiknya melakukan pemeriksaan pada bagian surat-surat, mulai dari SIM dan STNK. Sebab, bisa saja SIM sudah kadarluarsa, serta pajak yang tertera pada STNK belum dibayar.

Jika memiliki SIM dan STNK, bisa saja terhindari dari pemeriksaan polisi secara acak. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×