Info Produk

7 Fakta Menarik Wuling Almaz Saat Diuji Coba

0 Komentar

Nama Wuling Almaz memang tergolong baru di Indonesia. Meski begitu, mobil asal negeri Tirai Bambu ini memiliki warna baru bagi industri otomotif Indonesia.

Maklum, Wuling Almaz dikliam menghadirkan fitur melimpah namun harganya lebih terjangkau, yaitu OLXer cukup mengeluarkan mahar sebesar Rp 318,8 juta dengan status on the road Jakarta.

Oia, kali ini OLX.co.id akan mengungkapkan fakta-fakta menarik dari Wuling Almaz setelah dilakukan pengujian. Ya, untuk pengujian kali ini, dilakukan dengan rute Bandung, Pangandaran dan berakhir di Tasikmalaya.

Tentu saja jalur yang dilewati mewakili beberapa kondisi jalan di Indonesia, mulai dari macet dan trek lurus saat melewati jalur tol di kota Bandung, hingga tanjakan, turunan dan tikungan ketika menuju ke Pangandaran serta Tasikmalaya.

Karena Wuling Almaz belum punya nama di Indonesia, maka sudah sepatutnya diuji untuk mengetahui seberapa bagus mobil ini.

Satu lagi, kali ini kami tak akan bahas soal desain, tapi lebih ke performa ketika dilakukan pengujian. Nah, dari perjalanan ini kami menemukan beberapa fakta-fakta Wuling Almaz antara lain:

1. Fitur melimpah

Dari sekain banyak fitur yang ada memang ada satu yang cukup menarik, yaitu pada bagian dasbor yang dijejali layar sentuh yang disebut Smart Multimedia dengan ukuran 10,4 inci. Cukup besarkan.

Belum lagi beragam fungsi dari layar ini,  seperti memutar lagu atau mendengarkan radio, bluetooth phone connection, Wuling link, beragam pengaturan mulai dari AC, Audiio, dan jendela. Selain itu layar ini bisa melihat tekanan angin keempat ban atau Tire Pressure Monitoring System, hingga kameran 360 derajat yang berguna saat parkir. Untuk lebih lengkap soal layar sentuh ini bisa baca di sini.

2. Terasa mewah dan elegan

Tak hanya itu, mobil ini juga telah menggunakan panoramic sunrood sehingga terlihat mewah dan elegan. Dengan keberadaan fitur ini maka bisa melihat cerah, mendung, hingga hujan dari dalam mobil.

Menariknya, tak hanya penumpang depan saja yang melihat ke langit di dalam mobil, melainkan penumpang belakang juga bisa. Hal ini pula mengapa panoramic sunrood dengan ukuran besar.

Balutan jok dengan kulit sintetis berwarna hitam ini juga memberikan kesan, bahwa mobil ini tergolong mahal. Padahal sebaliknya jika dibandingkan sekelasnya.

3. Memberikan rasa aman saat mengemudi

Menjadi pengemudi Wuling Amlaz cukup nyaman OLXer. Sebab, sebelum mobil melaju, pengemudi mendapatkan berbagai persiapan agar lebih nikmat ketika berkendara.

Ya, ini karena Almaz dilengkapi jok elektric yang diatur hanya dengan sentuhan jari. Selain itu, lingkar kemudi juga bisa diatur sesuai dengan selera berkat fitur tilt steering.

Untuk menyalakan mobil ini juga tak perlu anak kunci, karena Almaz sudah menggunakan fitur engine star-stop button. Jadi cukup ditekan dengan telunjuk mesin langsung nyala.

Saat pengemudi memacu Almaz tak perlu khawatir, akan lebih percaya diri berkat banyak fitur-fitur memadai, mulai dari pengereman Anti Lock Braking System (ABS), Electric Parking Brake (EPB), Hill Hold Control (HHC) Automatic Vehicle Holding (AHV), hingga Traction Control System (TCS), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), dan juga Emergency Stop Signal (ESS).

Oia mobil ini juga sudah dilengkapi fitur keselamatan berupa kantung udara atau airbag di depan dan juga samping.

4. Manjakan penumpang

Anggapan masyarakat akan kualitas mobil China kurang berkualitas memang masih dirasakan masyarakat di Tanah Air. Namun percayalah, Wuling Almaz dapat memanjakan penumpang.

Bahkan berada di dalam mobil ini cukup nyaman. Hal ini karena kabin tergolong luas, sehingga bisa sangat dirasakan untuk pengemudi maupun penumpang.

Leg room dan head room juga cukup renggang, termasuk ruang kaki juga masih luas. Penumpang juga bisa menemukan arm rest atau sandaran tangan di tengah yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan.

Jika penumpang merasa ngantuk, jok baris kedua masih bisa diatur mundur. Alhasil kita bisa rebahan agar lebih rileks dan santai, serta kaki tidak kaku.

Belum lagi karena jok cukup empuk, membuat penumpang yang tidak di belakang tak terganggu ketika tertidur pulas.

5. Kabin senyap

Wuling Almaz. (Dok Wuling)

Tak ada mobil yang murni kabin senyap. Jika itu terjadi maka akan sangat berbahaya karena pengemudi tak dapat mendengar suara klakson dari luar sebagai peringatan.

Meski begitu, Wuling Almaz memiliki kabin senyap. Hal ini terbukti ketika hujan suaranya mampu direduksi, termasuk raungan mesin, mapun gesekan ban dengan aspal yang tak terlalu bising.

6. Kabin luas

Wuling Almaz tes drive diuji coba dari Bandung menuju Pangandaran dan Tasikmalaya. (Dok Wuling)

Masuk dalam golong mobil Sport Utility Vehicle (SUV), Wuling Almaz memang dibuat untuk memiliki tubuh bongsor. Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan 1.760 mm.

Dengan tubuh yang besar ini, mobil ini hanya ada dua baris dan mampu mengangkut lima orang penumpang. Alhasil masih banyak ruang kosong yang dibuat sebagai bagasi di belakang.

7. Performa gesit

Wuling Almaz tes drive diuji coba dari Bandung menuju Pangandaran dan Tasikmalaya. (Dok Wuling)

Mengusung mesin empat silinder 1,5 liter yang diklaim mampu menghasilkan daya hingga 140 Tk per 5200 rpm dan torsi 250 Nm per 1600 – 3600 rpm, ternyata mobil ini juga cukup enak dipacu diberbagai kondisi jalan.

Bahkan saat melewati jalan tol, pengemudi bisa juga menggunakan fitur cruise control. Alhasil tak perlu lagi kaki menginjak pedal gas, yang bisa membuat kaki pegal.

Saat melewati jalanan perbukitan yang sempit dan meliuk-liuk, Almaz cukup diandalkan, hal ini berkat handling ringan, serta ditunjang suspensi depan McPherson Strut, Coil Spring dan suspensi belakang Multi-link Trapezoidal, Independent Suspension.

Bahkan ketika kontur jalan tidak rata sekalipun, Almaz tetap memberikan kenyamanan, terlebih penumpang belakang.

Untuk penggunaan CVT dengan delapan kecepatan, meski halus saat perpindahan gigi namun pada awal putaran terasa lambat. Tapi setelah dipacu beberapa detik tenaga Almaz sangat nendang, termasuk ketika di jalanan menanjak.

Nah begitulah kira-kira ulasan bagaiman perfoma Almaz, gimana tertarik? (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×