News from OLX

5 Tips Jitu Ketika Mengemudi Hujan dan Berkabut

0 Komentar

Hujan ditambah kondisi berkabut sering kali membuat pengendara merasa sangat khawatir. Pasalnya, selain jalanan jadi licin, hujan juga membuat visibility atau jarak pandang berkurang.

Jika jarak pandangan pengemudi terganggu hal tersebut akan sangat beresiko dan bisa berujung kecelakaan. Karena itu, OLXer harus lebih ekstra waspada.

Seperti dilansir situs Hyundai, jika kondisi makin parah atau jarak pandang makin pendek, sebaiknya segera mencari tempat aman untuk berhenti dan menunggu kondisi cuaca membaik.

Namun jika memang diharuskan melanjukan perjalanan, ada baiknya melakukan beberapa hal seperti berikut:

1.      Pastikan kaca jendela selalu bersih

Hujan atau tidak, sebelum mobil digunakan, OLXer wajib membersihkan kaca-kaca, mulai dari kaca depan, spion samping, hingga bagian kaca jendela belakang.

Tentu saja ini akan sangat bermanfaat ketika hujan tiba dan dapat mencegah terjadi kecelakaan. Berupayalah meningkatkan visibility di sekitar kendaraan dengan membersihkan seluruh kaca jendela.

2.      Gunakan lampu yang sesuai

Hal yang perlu diketahui adalah jangan menyalakan lampu jauh, karena hanya akan memperparah visibility. Alasannya, kabut justru memantulkan cahaya lampu mobil.

Lampu kabut (foglamp) juga bisa diaktifkan, namun hanya jika jarak pandang di bawah 100 meter. Jangan lupa matikan lagi jika jarak pandang telah membaik.

3.      Gunakan cairan wiper

Bersihkanlah dengan cairan sabun khusus (washer fluid) lalu aktifkan wiper dengan setting lambat. Cairan pembersih juga bisa mengurangi atau menghilangkan partikel debu di kaca.

4.      Waspada dengan pejalan kaki

Jika melewati jalan yang kira-kira banyak pejalan kaki, perlambat laju kendaraan untuk mengetahui posisi mereka, dan selalu jaga jarak aman.

5.      Berhenti di tempat yang aman

Jika kondisi makin parah dan OLXer terpaksa berhenti, carilah tempat di mana pengendara lain mudah melihat posisi kita.

Terlebih, jika OLXer harus berhenti di bahu jalan. Pastikan juga lampu hazard menyala saat berhenti.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×