Tips and Tricks

5 Mobil Keluarga yang Layak Dipertimbangkan Tahun ini

0 Komentar

Di tahun 2016 ini, sejumlah produsen otomotif meluncurkan produk barunya. Beberapa dari mobil baru tersebut berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang berkapasitas penumpang 7 orang, sehingga layak dipertimbangkan jika Anda sedang mencari mobil untuk keluarga. Berikut daftarnya:

1. Honda BR-V

shutterstock_346310522
Sebetulnya mobil ini tidak murni MPV, melainkan perpaduan (cross-over) dengan model Sport Utility Vehicle. Karakteristik yang menonjol pada mobil yang resmi diperkenalkan pertengahan 2015 lalu ini ialah ketinggian lantainya (ground clearance) yang cukup besar, yakni lebih dari 200 mm. Sehingga, BR-V cocok untuk melibas berbagai kondisi jalan.

Kelebihan lain pada mobil ini ialah kapasitas penumpangnya yang mampu menampung 7 orang. Meski begitu, kapasitas bagasi BR-V juga bisa ditambah. Karena jok penumpang pada baris ketiga ini sudah dibekali dengan teknolog 50:50 folding, artinya jok dapat dilipat untuk menambah ruang. Adapun di bagian mesinnya, Honda BR-V menggunakan mesin i-VTEC 1.500 cc dengan kekuatan maksimal 120 tenaga kuda. Sedangkan pada aspek keamanan terdapat fitur Vehicle Stability Assist yang membuat mobil stabil saat menikung, Hill Start Assist yang mencegah mobil mundur di tanjakan, dual airbag pada bagian depan, dan sistem pengereman anti terkunci (ABS+EBD). Honda BR-V dijual mulai Rp 236,5 juta sampai Rp 261,5 jutaan.

2. Suzuki New Ertiga

shutterstock_236437873
Jika Anda mencari mobil keluarga yang berfasilitas lengkap, maka Ertiga bisa jadi pilihan. Pasalnya, mobil ini sudah dilengkapi berbagai fitur seperti console box pada baris kedua bangku penumpang yang dilengkapi dengan soket USB untuk mengisi daya gadget Anda.

Khusus untuk model terbaru Ertiga Dreza, ada fitur layar sentuh video dan audio berukuran 9 inci yang bisa terkoneksi dengan perangkat android maupun iOS. Aneka fitur ini bakal membuat keluarga Anda betah berlama-lama di dalam mobil.

Bukan hanya penambahan fitur hiburan baru pada kabin, New Ertiga juga mengusung mesin baru. Suzuki mengklaim mesin berkapasitas 1.400 cc VVT ini lebih hemat 8 persen dibandingkan model terdahulunya. Untuk fitur keamanan, dual airbag, side impact beam, dan sistem pengereman ABS sudah menjadi fitur standar. Harga pasaran New Ertiga antara Rp 179 juta – Rp 216 jutaan. Sedangkan untuk varian Ertiga Dreza yang lebih mewah, harganya mencapai Rp 223 – 236 jutaan.

3. Toyota All New Kijang Innova

All-New-Toyota-Kijang-Innova-2016
Sejak tahun 1980-an, merek mobil Toyota Kijang identik sebagai mobil keluarga Indonesia. Bagaimana tidak, kapasitas angkut besar, mesinnya yang bandel, dan kemudahan suku cadang membuat mobil ini jadi pilihan. Setelah puluhan tahun hadir, kini Toyota melahirkan generasi terbarunya, All New Kijang Innova. Dibandingkan dengan generasi Kijang sebelumnya, model generasi keenam ini tampil benar-benar berbeda, baik eksterior maupun interiornya.

Layaknya MPV mewah, Kijang All New Innova dibekali beberapa fasilitas canggih pada kabinnya. Misalnya sistem audi layar sentuh berukuran delapan inci dan punya smartphone connectivity, voice command, Bluetooth, HDMI, web browser, dan Toyota Move. Untuk kenyamanan berkendara, ada tiga mode yang bisa dipilih yakni normal, eco, dan sport yang akan menyesuaikan karakter pengemudi. Dibandingkan dengan MPV lainnya, Innova baru ini punya fasilitas keselamatan yang lebih lengkap. Komponen airbag tidak hanya terdapat di kabin depan melainkan hingga ke belakang ditambah kantung udara berbentuk tirai yang bisa melindungi penumpang. All New Kijang Innova dengan pilihan mesin 2.000 cc dan 2.400 cc ini dijual mulai Rp 280 juta hingga Rp 425 jutaan.

4. Mitsubishi Pajero Sport 2016

shutterstock_346732985
Kalau Anda bosan dengan mobil jenis MPV dan senang mengajak keluarga Anda berjalan-jalan ke alam bebas, maka mobil model Sport Utility Vehicle (SUV) bisa jadi pertimbangan. Di tahun ini, sejumlah model penyegaran dari SUV yang populer di Indonesia segera meluncur. Salah satunya adalah Pajero Sport.

Meski belum resmi diluncurkan di Indonesia, namun sejumlah kabar menyebutkan Pajero terbaru ini akan memakai mesin berkapasitas 2.400 cc dengan tambahan turbo intercooler yang bertenaga. Sehingga, mobil ini cocok dipakai untuk perjalanan jauh ke luar kota. Belum lagi, fasilitas penggerak roda 4X4 yang bisa diandalkan pada kondisi jalanan yang jelek. Meski karakternya sebagai mobil yang tangguh, namun Pajero Sport juga punya sisi kemewahan di bagian interiornya. Jok berlapis kulit dan sistem hiburan siap menemani Anda sekeluarga berpetualang di dalam kenyamanan.

5. Nissan X-Trail

shutterstock_72557398
Satu lagi mobil jenis SUV yang bisa jadi pilihan sebagai mobil keluarga. Nissan X-Trail generasi ketiga ini tetap menonjolkan karakternya sebagai mobil yang tangguh di segala medan. Ada dua pilihan mesin pada mobil ini yakni 2.000 cc dan 2.500 cc. Kelebihan mobil ini dibandingkan SUV lainnya adalah keberadaan jok di baris ketiga yang bisa memuat dua penumpang. Dengan begitu kapasitas mobil bertambah menjadi 7 orang.Namun jika sedang tidak digunakan, jok bisa dilipat sehingga bagasi lebih luas.

Fitur menarik pada mobil ini ialah keberadaan kamera dan sensor 360 derajat yang memungkinkan pengemudi memantau kondisi di sekitar kendaraanya. Dengan begitu, proses parkir akan lebih mudah dan aman. Nissan X-Trail dijual di Indonesia seharga Rp 350 – RP 400 jutaan. Ada pula pilihan Nissan X-Trai Hybrid yang bisa berjalan menggunakan motor listrik bertenaga baterai lithium.

Tertarik dengan salah satu dari mobil di atas? Cari koleksinya di OLX, saja!

Comments are closed.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×