Trends

5 Minuman Hangat Khas Indonesia

2 Komentar

Keinginan untuk makan dan minum meningkat ketika udara dingin. Benar nggak sih? Yang jelas, perasaan tenang dan rileks akan menjalar ketika Anda punya makanan dan minuman hangat di sisi Anda ketika hujan. Minuman hangat diperlukan juga untuk menjaga stamina tubuh di tengah cuaca dingin seperti ini.

Indonesia mengenal sejumlah minuman yang cocok dinikmati di cuaca dingin seperti sekarang ini. Selain bajigur, wedang ronde, dan bandrek, minuman hangat apa yang biasanya Anda minum? Yuk, simak daftar minuman-minuman hangat khas Indonesia lainnya di bawah ini.

1. Sarabba 

Minuman khas Makassar ini sangat cocok diminum di musim penghujan. Bagi warga Makassar, sarabba kerap diminum untuk memulihkan stamina, mencegah flu, menghangatkan badan, dan menyembuhkan masuk angin. Sarabba dibuat dari rempah-rempah yang berkhasiat menghangatkan dan memanaskan badan. Rempah-rempah itu antara lain, jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica hitam. Untuk membuatnya, Anda harus merebus air berisi jahe dan gula aren. Setelah itu, masukan santan dan kuning telur hingga mendidih.

Resep-Minuman-Sarabba-Khas-Makasar

Untuk menikmati sarabba, biasanya warga Makassar melengkapinya dengan kue apem atau pisang goreng. Selain untuk obat, sarabba diminum untuk mereka yang hendak begadang. 

2. Teh Talua

Beberapa restoran makanan Padang menyediakan teh talua di dalam menunya. Talua berarti telur dalam bahasa Minang. Seperti namanya, teh talua adalah teh yang dicampur dengan kuning telur. Tidak hanya kuning telur, teh ini juga diberi tambahan bahan lain seperti, gula dan vanili. Vanili berfungsi menghilangkan bau amis dari kuning telur.

Cara Membuat Minuman Tradisional Teh Talua Padang

Dahulu, teh talua hanya dinikmati oleh bangsawan Sumatera Barat. Sekarang, siapapun bisa menikmatinya. Membuat teh talua juga memerlukan teknik khusus. Anda harus mengocok kuning telur di dalam gelas terlebih dahulu, lalu menambahkannya dengan teh panas. Setelah itu, Anda baru bisa menambahkan juga gula, vanili, dan jeruk nipis. Teh talua yang berhasil dilihat dari gradasi warna yang dihasilkan. Yaitu, warna putih dari susu kental manis, warna coklat muda dari teh dan terakhir buih kecoklatan dari telur yang dikocok.

3. Bir Pletok

Minuman hangat yang satu ini sudah sangat familiar bagi warga Jakarta. Minuman yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda ini dibuat dari rempah-rempah 100%. Bir pletok dibuat dari jahe, kayu manis, serai, daun pandan, kapulaga, dan merica. Warna merah pada bir pletok dihasilkan dari kayu secang yang ditambahkan ke dalam minuman.

bir pletok

Untuk membuatnya, Anda harus mendidihkan air bersama kayu manis, serai, kayu manis, jahe, kapulaga, dan merica. Rebus sampai aroma bahan-bahan tersebut muncul. Masukan gula dan garam, rebus kembali 15 menit kemudian. Selain menghangatkan badan, bir pletok berkhasiat pula mengobati masuk angin, meringankan flu dan demam, hingga mengatasi kram karena menstruasi. Selain disajikan hangat, bir pletok juga nikmat dihidangkan dalam keadaan dingin.

4. Air Guraka

Air guraka merupakan minuman khas dari daerah Halmahera, Maluku. Air guraka terbuat dari bahan-bahan seperti, jahe merah, daun pandan, gula aren, gula pasir, dan garam. Setelah bahan-bahan tersebut dicampur dengan air hangat, tambahkan biji kenari. Campuran air jahe, gula aren, dan biji kenari inilah yang membuat hangat tubuh.

guraka

Air guraka tidak begitu mudah dijumpai di Jakarta, namun di daerah Maluku, air guraka dijual di manapun. Di daerah pelabuhan air guraka sangat mudah dijumpai, biasanya dijual dengan harga Rp. 5000,- per botol. Sekali meminum air guraka, niscaya tubuh Anda akan hangat sepanjang hari.

5. Wedang Uwuh

Ketika melihat tampilan wedang uwuh yang sedikit berantakan, mungkin Anda akan bingung. Namun, minuman ini selain memberi kehangatan bagi tubuh, juga memiliki rasa yang sangat enak. Dalam bahasa setempat, wedang memiliki arti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Jangan khawatir, wedang uwuh tidaklah benar-benar terbuat dari sampah dedaunan. Minuman khas dari Yogyakarta ini terbuat dari jahe, keyu secang, cengkeh, kayu manis, pala, daun serai, kapulaga, dan gula batu.

wedang-uwuh

Rasa dari minuman hangat ini manis dan pedas. Warna dari minuman ini sama seperti bir pletok, yakni merah. Warna merah dihasilkan dari kayu secang. Selain hangat, minuman ini juga nikmat bila ditambahkan es.

  • http://www.megatours.co.id Mega Tours

    Indonesia memiliki berbagai aneka minuman yang berkualitas internasional karena merupakan negara tropis yang kaya akan buah buahan. Jangan lupa buah buahan dari pulau Flores yang memiliki rasa tersendiri karena merupakan pulau dengan cuaca yang sedikit berbeda dengan pulau lain di Indonesia.

  • http://ksplestari.blogspot.co.id KOPERASII LESTARI

    Indonesia Ku, Kaya akan rempah rempah yang bermanfaat bagi kesehatan. Terima kasih TUHAN

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×