News from OLX

5 Benda yang Bisa Sebabkan Mobil Terbakar

0 Komentar

Berkendara jadi rutinitas masyarakat saat ini. Untuk menunjang aktivitas, biasanya banyak benda-benda atau barang-barang yang kerap dibawa pengemudi di dalam mobil.

Namun tahukah OLXer, ada benda dan barang yang ternyata tak boleh ditinggalkan di dalam mobil sangat lama. Selain beresiko adanya tindak kriminal, seperti kaca dipecahkan kemudian barang-barang di dalamnya digondol maling, ternyata ada juga resiko lain yang ternyata sangat berbahaya.

Ya, resiko itu adalah barang bawaan jadi penyebab mobil terbakar. Tentu saja, jika mobil terbakar hal ini akan sangat merugikan, sekalipun sudah menggunakan asuransi.

Nah, ternyata menurut Instagram resmi Kementerian Perhubungan @kemenhub151, ada loh barang-barang tertentu yang dapat memicu percikan api yang menyebabkan mobil terbakar, antara lain;

Pertama, powerbank benda yang dapat memicu api. Suhu yang meningkat di dalam mobil membuat komponen powerbank dapat meledak.

Karena baterai jenis lithium-ion yang disematakn pada power bank bisa saja mengembang, dan ketika panas maka hal itu bisa meledak.

Kedua, barang elektronik dengan baterai terpasang seperti laptop, tablet, telepon genggam serta kamera digital harus dibawa keluar saat meninggalkan mobil.

Ketiga, Aerosol seperti hair spray dan pengharum ruangan semprot memiliki tekanan tinggi, yang dapat memicu api ketika berada di suhu yang tinggi.

Keempat, tentu saja barang-barang seperti korek gas atau cairan seperti bahan bakar minyak. Korek api gas bisa berpotensi terjadinya ledakan ketika di dalam mobil dengan kondisi kabin panas.

Lima, kacamata. Tanpa disadari kacamata yang disimpan di atas dasbor mobil, jika terpapar sinar matahari langsung dapat membuat titik api.

Jika titik api itu semakin memanas dan menyambar ke benda mudah terbakar, maka bukan tak mungkin hal tersebut dapat menyebabkan kebakaran.

Karena itu, jika membawa kaca mata simpan di tempat yang aman dari sengatan matahari.

Adapun untuk lebih simple, bawalah barang-barang tersebut ketika kita akan meninggalkan mobil untuk keamanan dan keselamatan. Termasuk menghindari mobil terbakar. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×