Mobil Bekas

5 Aspek Penentu Tingginya Harga Jual Mobil Bekas

0 Komentar

Siapapun orangnya, entah itu pedagangnya atau yang mencari mobil bekas, tentu semua berharap bisa mendapatkan mobil seken dalam kondisi yang sehat, rapi dan tidak punya masalah apa-apa terkait dokumen.

Ini memang merupakan hal mutlak. Siapa sih yang mau beli mobil bekas terus jadi bermasalah di kemudian hari? OLXer tentu ‘ogah’ kan?

Kondisi dari sebuah mobil sudah pasti menentukan nilai jual kembalinya. Semakin baik kondisi dari sebuah mobil bekas pasti harga jualnya pun lebih tinggi dibanding dengan mobil yang kondisinya tidak terawat meski model dan tahunnya sama.

Berikut ada tips dari Daihatsu soal bagaimana mempertahankan harga jual mobil bekas agar bisa tetap tinggi. Setidaknya ada lima aspek yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, apa saja?

  • History Service
Auto2000 Singosari

Bila OLXer merasa membeli mobil dari baru, pastikan perawatan berkalanya dilakukan di bengkel resmi. Biasanya mobil baru dilengkapi dengan buku servis yang nantinya akan diisi setiap melakukan servis. Ini menjadi salah satu jaminan mobil OLXer punya harga tinggi kalau mau dilego.

  • Kondisi Fisik Terawat

Aspek ini juga jadi salah satu kunci mobil bekas OLXer bakal laku dengan harga tinggi. Kondisi fisik, mulai dari bodi eksterior sampai kondisi kabin (interior) adalah hal paling pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli. Pastikan kondisinya mulus, bebas baret, bebas bekas tabrak, dan kondisinya standard.

  • Usia Kendaraan Tak Lebih Dari 5 Tahun

Biasanya, calon pembeli setelah kepincut dengan kondisi mobil bekas yang akan dibelinya, bakal langsung menanyakan usia kendaraan tersebut. Kalau ini biasanya erat kaitannya sama jarak pakai mobil. Mobil yang umurnya nggak lebih dari lima tahun biasanya punya kilometer yang masih rendah, artinya bukan mobil ‘capek’. Ini juga penentu tingginya harga mobil bekas.

  • Keaslian dan Kelengkapan Surat
perpanjang stnk 2018

Aspek lain yang juga menentukan keberhasilan OLXer menjual mobil seken dengan harga tinggi adalah kelengkapan dokumen kendaraan seperti BPKB, STNK, dan surat pendukung lainnya. Yang banyak terjadi disini adalah, mobil kondisinya bagus, track record servisnya juga oke, tapi ternyata pajak mati. Nah, ini jadi senjata pembeli untuk menekan harga mobil OLXer.

  • Jenis Transmisi

Nah, aspek yang paling buncit adalah jenis transmisi. Sudah menjadi paham semua orang ataupun pemain jual-beli mobil bekas, kalau mobil transmisi manual harga sekennya selalu lebih tinggi dibanding mobil transmisi otomatis. Padahal kalau untuk harga barunya, transmisi otomatis pasti akan lebih mahal Rp 10-20 juta jika dibanding varian transmisi manual.

Nah, OLXer sudah tahu dong kira-kira aspek apa yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menjual mobil kesayangan OLXer, agar harganya tetap maksimal, sehingga memudahkan untuk kembali mendapatkan mobil baru nantinya.

Tapi apapun jenis mobil bekas yang OLXer rencanakan untuk dijual, jangan lupa jualnya di OLX aja. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×